Alhamdulillah! Akhirnya KGPAA Mangkunegoro X Fasilitasi Muhammadiyah Sholat Id 21 April di Puro Mangkunegaran

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Solo, Hajinews.id – Puro Mangkunegaran akhirnya akan memfasilitasi Muhammadiyah Kota Solo yang akan menyelenggarakan salat Idul Fitri di Pamedan Puro Mangkunegaran pada Jumat, 21 April. Hal itu disampaikan oleh Kanjeng Pangarengan Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegoro X.

“Tidak Mbak, akan kami fasilitasi,” kata Mangkunegoro X dilansir dari laman detikJateng, Selasa (18/4/2023), yang menanyakan sebab apa pihaknya belum memberikan izin kepada Muhammadiyah yang hendak menggelar salat Idul Fitri di Pamedan Puro Mangkunegaran pada 21 April.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

KGPAA Mangkunegoro X yang akrab disapa Gusti Bhre itu mengatakan pihaknya akan memfasilitasi dengan sebaik mungkin.

“Kami fasilitasi semuanya dengan sebaik kami,” ujarnya.

Menurutnya, ada miskomunikasi informasi yang diterima oleh pihak Puro Mangkunegaran. Dirinya menegaskan kembali bahwa Puro Mangkunegaran akan memfasilitasi semuanya dengan baik.

“Karena beberapa informasi yang belum kami terima, terjadi miskomunikasi. Mangkunegaran memfasilitasi semuanya dengan sebaik kami,” tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, Pengurus Ranting Pemuda Muhammadiyah Keprabon, Wiwit Hidayat mengatakan pihaknya tidak mendapat izin dari Puro Mangkunegaran untuk menggelar salat Idul Fitri di Pamedan Puro Mangkunegaran. Hal tersebut lantaran Puro Mangkunegaran sudah ada kegiatan lainnya ditanggal yang sama.

Lantaran tak mengantongi izin dari Puro Mangkunegaran, Pimpinan Ranting Pemuda Muhammadiyah Keprabon berencana memindah lokasi pelaksanaan salat Idul Fitri tahun ini.

“Kami dari ranting berkoordinasi dengan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM). Kita sudah punya langkah, ada tempat di kantor PDM juga. Rencana di gedung bawah,” ujar Wiwit, Senin (17/4).

“Itu nanti kalau nggak cukup melebar ke jalan kampung sama Jalan Tengku Umar, kita memberitahu ke Kelurahan,” imbuh dia.

Sebelumnya, Pengageng Mondropuro Mangkunegaran, Tjuk Soesilo menjelaskan alasan belum mengizinkan Muhammadiyah Ranting Keprabon menggelar salat Idul Fitri di Pamedan Puro Mangkunegaran.

“Mengenai permohonan izin penggunaan Pamedan untuk Sholat Id dari Muhammadiyah Keprabon betul belum diizinkan karena bersamaan waktunya sudah digunakan acara lain, mohon maaf,” kata Tjuk Soesilo, Selasa (18/4/2023).

Tjuk Soesilo menerangkan, surat yang diajukan untuk kegiatan lain itu lebih dahulu masuk ke Puro Mangkunegaran ketimbang surat dari Muhammadiyah Keprabon. Surat dari Muhammadiyah Keprabon masuk ke Puro Mangkunegaran pada 20 Maret 2023.

Menurut Tjuk Soesilo, belum diizinkannya Muhammadiyah Keprabon salat Id di Pamedan Puro Mangkunegaran itu tidak berkaitan dengan hal menunggu keputusan 1 Syawal dari pemerintah.

“Tidak ada kaitannya sama sekali, mohon maaf ya tidak ada kaitannya sama sekali kaitannya tanggal ketentuan itu tidak ada. Kita lihat datangnya surat. Permohonan kegiatan yang lain, baru ada surat dari Muhammadiyah,” tegas Tjuk Susilo.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *