Sisa Usia Matahari Telah Terungkap, Kiamat Yang Mengerikan Mengancam Bumi

Sisa Usia Matahari Telah Terungkap
Sisa Usia Matahari Telah Terungkap
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Ilmuwan berhasil memperkirakan usia Matahari. Selain itu, para ilmuwan juga berhasil memperkirakan sisa usia Matahari yang berpotensi memicu kiamat di Bumi.

Matahari diperkirakan berusia sekitar 5 miliar tahun atau mendekati paruh baya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Namun, para ahli memperkirakan bahwa semakin tua usia Matahari, bintang yang paling dekat dengan Bumi akan semakin cepat panas selama 5 miliar tahun ke depan.

Semakin panas matahari mempengaruhi tata surya dan mempengaruhi bumi. Siklus karbon melambat, mencegah banyak tanaman tak mampu bertahan hidup.

Pada akhirnya, Bumi tak bisa lagi menjadi habitat tumbuhan. Ketika itu terjadi, rantai makanan akan hancur. Ilmuwan memperkirakan peristiwa mengerikan ini bakal terjadi 600 juta tahun lagi.

Mikroba yang mampu beradaptasi dengan perubahan Tata Surya juga akan hidup menderita. Dalam 1 miliar tahun ke depan, suhu Matahari diprediksi lebih panas 10% dari saat ini, dikutip dari IFLscience, Kamis (30/3/2023).

Imbasnya, peningkatan efek rumah kaca tak bisa dikendalikan lagi. Lautan akan menguap dan mengakibatkan kekeringan.

Bumi akan menjadi planet semacam Venus yang mampu melelehkan semua benda di dalamnya. Bisa dibilang, ketika masanya tiba, manusia tak mampu lagi bertahan hidup di planet ini. “Bumi dan Mars kemungkinan akan berputar masuk ke matahari, sementara planet lainnya akan terdorong ke luar,” kata laporan Iflscience.

Pada akhirnya, matahari akan meleburkan semua lapisan intinya dan memunculkan objek bintang baru yang disebut ‘White Dwarf’. Setelah kehilangan banyak massanya, White Dwarf tak akan mampu bergantung pada planet-planet yang tersisa.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *