Orang Berilmu dan Akhlaknya

Orang Berilmu dan Akhlaknya
Jaka Budi Santosa
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Demi membela seniornya di BRIN, Thomas Jamaluddin, yang diserang netizen karena berkomentar yang menyudutkan Muhammadiyah terkait dengan hari Idul Fitri 1444 H, Andi menghalalkan darah Muhammadiyah. Dalam narasinya di Facebook, dia siap membunuh satu per satu warga Muhammadiyah. Begitukah seorang intelektual yang punya adab? Edan.

Orang pintar tapi tak berakhlak amat berbahaya. Orang-orang seperti itu pantang dibiarkan. Saya mengapresiasi Polri yang akhirnya menangkap, menersangkakan, dan menahan Andi untuk diproses hukum. Langkah tegas itulah yang semestinya juga dilakukan untuk kasus yang dulu-dulu agar orang-orang berilmu menjaga akhlak, mengedepankan adab.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Suatu kaum, sebuah bangsa, butuh orang-orang pintar untuk bisa menjadi besar. Demikian halnya bangsa ini. Tetapi yang kita perlukan wong pinter yang bener, bukan pinter tapi keblinger.

Mendiang Mbah Moen pun pernah memberikan wejangan, “Tinimbang dadi wong pinter ning ora bener, luwih becik dadi wong bener senajan ora pinter (ketimbang jadi orang pintar tapi tidak benar lebih baik menjadi orang benar meskipun tidak pintar).” Kalau pepatah Arabnya kira-kira al adabu fauqol ‘ilmi (adab lebih tinggi daripada ilmu).

Sumber: mediaindonesia

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *