Bacaan doa-doa para Nabi yang tercatat dalam Al-Qur’an, Insya Allah Makbul

Bacaan doa-doa para Nabi
Bacaan doa-doa para Nabi
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Sebagai manusia biasa kita harus meneladani perilaku Nabi karena Nabi adalah umat manusia dan kekasih Allah SWT.

Meski kekasih-Nya, para nabi ini tetap berdoa. Doa-doa ini juga dapat diucapkan ketika mengalami kesulitan dan meminta bantuan Allah SWT.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sebagai manusia biasa, kami berdoa untuk menghindari kesulitan dengan meminta perlindungan dan pengampunan serta menolak bala.

Doa juga merupakan tuntunan agama serta alat menjalin komunikasi langsung antara hamba dan Sang Pencipta. Di dalamnya merupakan bentuk penghambaan kepada Allah SWT. Ini termasuk yang dilakukan para nabi.

Banyak doa-doa para nabi yang tersebut di dalam Al-Qur’an. Berikut ini adalah doa-doa para nabi yang tersurat di dalam Al-Qur’an, mulai dari doa Nabi Adam AS hingga Nabi Ya’Qub.

Siapapun yang Berdoa Maka Permohonannya akan Terkabul
Mengutip nu.or.id, Al-Qur’an menyatakan bahwa berdoa adalah perintah, siapapun yang berdoa, maka permohonannya pasti terkabul.

Hal ini ditegaskan dalam surat Ghafir ayat 60:

ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ

“Berdoalah kalian kepada-Ku, maka Aku kabulkan permohonanmu”

Dalam Al-Qur’an terdapat doa-doa para Nabi. Doa yang dipanjatkan oleh mereka memiliki karakter dan tujuan yang berbeda-beda. Tapi pada umumnya doa tersebut mengandung dua unsur; mengagungkan Allah subhanahu wata’ala. dan memohon ampunan kepada-Nya.

Selain itu, adakalanya doa yang dipanjatkan oleh salah seorang Nabi tidak dijumpai dalam satu surat saja tapi terpisah-pisah di beberapa surat. Sebab sejarah dan peristiwa yang diabadikan dalam Al-Qur’an mengenai perjalanannya tidak diceritakan secara utuh dalam satu surat, seperti Nabi Ibrahim dan Nabi Musa.

Sebaik-baik doa adalah doa yang telah diajarkan oleh Allah dan Rasul-Nya, baik dari Al-Qur’an maupun hadits-hadits Nabi. Meskipun tidak ada larangan bagi seorang mukmin menggunakan redaksi dan bahasa daerahnya ketika berdoa. Namun alangkah baiknya, doa-doa tersebut dihafal dan dipanjatkan oleh kita sebagai bentuk mengikuti sunnah para Nabi.

Ini Doa Nabi Adam AS, Nuh AS, dan Nabi Ibrahim AS
Berikut adalah doa-doa para Nabi yang diabadikan dalam Al-Qur’an:

1. Doa Nabi Adam:

رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ (23)

Artinya: “Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang merugi” (QS Al-A’raf, 23).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *