Muhammadiyah Hadiri ‘FORUM OF AMBASSADORS OF RETURN TO PALESTINE’  Memperkuat Solidaritas dan Dukungan Atas Perjuangan Palestina

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Kampanye Global untuk Kembali ke Palestina pada hari Senin diadakan di Beirut 28-30 Mei 2023. Forum ini dihadiri oleh para aktivis, tokoh politik dan intelektual terkemuka yang telah secara aktif mendukung perjuangan Palestina.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Pertemuan yang diberi tajuk ‘INTERNATIONAL FORUM OF AMBASSADORS OF RETURN TO PALESTINE’ didasari oleh tanggung jawab bersama seluruh rakyat merdeka dunia untuk melawan segala bentuk arogansi, dan menunjukkan solidaritas kepada rakyat tertindas dalam menghadapi kebijakan imperialis. Terutama terhadap pendudukan wilayah Palestina oleh Israel.

Berikut pernyataan dari forum tersebut:

1- Komitmen mereka untuk bekerja untuk mengembalikan hak para pengungsi Palestina ke tanah air mereka, dan bahwa hak untuk kembali adalah salah satu hak dasar dan tidak dapat dicabut, yang tidak menerima penghilangan atau fragmentasi, dan itu adalah hak yang tidak dapat dicabut untuk semua orang Palestina tanpa kecuali.
2- Tanggung jawab semua orang merdeka di dunia untuk mendukung rakyat Palestina dalam perlawanan sah mereka dalam menghadapi entitas Zionis dan perang agresif mereka serta kebijakan kriminalnya.
3- Pentingnya bekerja untuk mencapai perdamaian di Palestina dan kawasan, perdamaian yang didasarkan pada keadilan penuh, yang mencakup pembebasan tanah, memulihkan semua hak, penentuan nasib sendiri, dan memberi kompensasi kepada warga Palestina atas semua kejahatan yang dilakukan terhadap mereka.
4- Solidaritas dengan rakyat Palestina di Yerusalem, Tepi Barat, Gaza, dan semua wilayah Palestina dalam upaya mereka membela diri terhadap agresi Zionis, keteguhan mereka terhadap tanah dan hak-hak mereka, dan penolakan normalisasi dengan entitas perampas karena berakibat fatal pada penghilangan hak-hak ini dan memberi support kepada agresor teroris (Zionis).
5- Mendukung ketabahan para tahanan heroik di penjara-penjara Zionis, dan solidaritas dengan mereka dalam menghadapi tindakan sewenang-wenang, tidak manusiawi dan ilegal yang dikenakan pada mereka.
6- Kami menyerukan lembaga pendidikan untuk menyebarkan Pendidikan hak kembali, dan mendukung inisiatif kebudayaan dan kreatif tentang masalah Palestina dan hak untuk kembali, mengingat budaya dan seni adalah jembatan antara bangsa-bangsa di dunia.
7- Kami menekankan pentingnya media sebagai aktor lintas benua, dan peran utamanya dalam menyebarkan kesadaran akan masalah hak Kembali rakyat Palestina di antara bangsa-bangsa.
8- Mendukung prakarsa (Duta Kembali) yang diluncurkan oleh Kampanye Global untuk Kembali ke Palestina, sehingga para duta besar dapat memainkan peran yang diperlukan dalam menyebarkan kesadaran global tentang perjuangan Palestina dan hak-hak rakyat Palestina.
9- Para peserta forum menghargai apa yang telah diderita Lebanon selama beberapa dekade agresi Zionis, dan pengorbanan besar yang dilakukan oleh rakyat Lebanon dan perlawanan mereka untuk mendukung hak-hak rakyat Palestina, pembebasan tanah dan pelestarian hak untuk kembali.

 

 

Forum dihadiri 45 peserta dari 24 negara. Tokoh influencer dunia yang hadir di antaranya:
1) Mandla Mandela, cucu Nelson Mandela dari Afrika Selatan.
2) Tushar Gandhi, cucu Mahatma Gandhi dari India.
3) Hussain Al Akraf, penyanyi lagu perjuangan Palestina dari Bahrain.
4) Hafid Derradji, wartawan dan komentator sepakbola ternama dari Aljazair.
5) Moeen Shreif, artis ternama dari Lebanon.
6) Aleida Che Guevara, puteri Che Guevara dari Kuba.
7) Manuel Pineda, anggota parlemen Uni Eropa dari Spanyol.
8) Ghassan Bin Jiddo, pemimpin dan pendiri TV Al-Mayadeen dari Tunisia.

Peserta forum dari Indonesia, Fahmi Salim, Ketua Bidang Tabligh Global dan Kerjasama Internasional Majelis Tabligh PP Muhammadiyah, Utusan Resmi yang mewakili Prof. Dr. Haedar Nasir, Ketua Umum PP Muhammadiyah.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *