Biaya Naik Haji Semakin Mahal dan Bagi Yang Belum Mampu Inilah Solusinya

Biaya Naik Haji Semakin Mahal
Biaya Naik Haji
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Berdasarkan data yang dihimpun, biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji yang Dikelola Pemerintah (BPIH) tahun 2023 atau 1444 Hijriah adalah Rp 90.050.637,26. Namun jemaah yang berangkat hanya membayar 55,3 persen atau sekitar Rp 49.812.700,26 dari total BPIH.

Dalam keadaan seperti ini biaya haji tentunya akan cukup mahal bagi sebagian jamaah yang kurang mampu.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Pengasuh Pondok Pesantren Fauzan Garut, Aceng Hilman Umar Basori sampaikan bahwa orang yang berangkat ke pesantren maupun ke majelis ta’lim akan sama memiliki nilai seperti jihadnya orang-orang yang berangkat haji.“Kalau bapak atau ibu tidak bisa berangkat haji karena tidak ada panggilan secara lahirnya, kita harus yakin bahwa berangkat ke tanah yang diberkahi oleh Allah SWT ke pesantren, ke majelis ta’lim,” ujar Aceng Hilman yang juga ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Syariah (STIEBS) NU Garut.”Maka akan punya nilai yang sama seperti orang-orang yang jihad berangkat ke tanah suci, Insya Allah SWT,” tambahnya.Pernyataan tersebut ia sampaikan saat pengajian bulanan di Aula Pondok Pesantren Fauzan, Desa/Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat Minggu 28 Mei 2023.

Pria yang juga Ketua Lembaga Pendidikan Maarif NU Garut menjelaskan bahwa orang yang mengeluarkan tenaga dan materinya untuk berangkat ke tempat pengajian yang disertai niat karena Allah SWT, hal tersebut sama dengan jihad untuk menghilangkan kebodohan.

“Jadi kita keluar tenaga, keluar ongkos adalah bentuk jihad agar kitab isa meninggalkan kebodohan,” Ttegas Doktor lulusan Universitas Pendidikan Indonesia tersebut. (*)

Sumber: suara

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *