Seorang Pria Berusia 33 Tahun Mengalami Stroke, Ini Gejala Pertama Yang Tidak Dia Sadari

Pria Berusia 33 Tahun Mengalami Stroke
Stroke
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Seorang pemuda bernama Alex McKeown menderita stroke pada usia 33 tahun. Dia tidak menyadarinya, ternyata salah satu gejala pertama adalah kelelahan saat bangun di pagi hari. Namun, karena tidak memahami kondisi tubuhnya, McKeown memutuskan untuk tetap aktif bahkan berolahraga di gym.

Namun suatu hari McKeown pingsan di tengah latihan. Ia mengeluh pusing hingga akhirnya berbaring. Pada saat itu, dia pikir dia hanya mengalami dehidrasi. Setelah mendapat air minum dan jus jeruk, kondisi McKeown semakin memburuk hingga harus dirawat di rumah sakit.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Pada saat saya sampai di rumah sakit, saya tidak bisa mengangkat lengan kiri atau kaki kiri saya dan tidak bisa benar-benar melihat dengan mata kiri saya,” ungkapnya dikutip dari Today, Minggu (16/7/2023).

Ada Gangguan Penglihatan

Stroke terjadi akibat gumpalan darah di bagian lain tubuh seperti jantung, pecah dan menuju ke otak. Bekuan darah tersebut membatasi aliran darah, menyebabkan gejala seperti kelemahan dan kehilangan penglihatan sebagaimana yang dialami McKeown.

Kepala radiologi neurointerventional di Northwestern Medicine dan bagian dari tim medis McKeown, dr Ali Shaibani, menjelaskan McKeown mengalami ‘gumpalan yang cukup luas’ mulai dari arteri karotis internal di dasar tengkoraknya hingga ke arteri serebral tengah di belakang rongga matanya.

Arteri serebral, sebagaimana digambarkan di dr Shaibani, adalah arteri utama ke belahan kanan otak. Gumpalan tersebut juga menghalangi suplai darah ke bagian korteks visual McKeown, menyebabkan gangguan penglihatan.

Alami Serangan Panik

McKeown mengenal dirinya sebagai orang yang tidak mudah cemas. Namun baru-baru ini, ia mengisahkan, dirinya mengalami serangan panik (panic attack) pertamanya.

“Saya sampai pada kesimpulan bahwa, secara tidak sadar, ini hanya mengambil lebih banyak ruang emosional dan mental daripada yang saya hargai,” kata McKewon.

Berangkat dari pengalamannya, McKeown mengingatkan para pria muda dan sehat di luar sana untuk tidak mengabaikan tanda-tanda bahwa ada sesuatu yang salah dengan tubuh. Ia bersyukur, orang-orang di studio kebugarannya kala itu menganggap serius gejalanya sehingga ia bisa memperoleh penanganan tepat.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *