10 Negara Paling Religius di Dunia, Berapa Skor Indonesia?

Negara Paling Religius
Negara Paling Religius
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Selama berabad-abad, agama telah menjadi kekuatan yang membentuk masyarakat dan mempengaruhi kehidupan banyak orang.

Menurut World Atlas, sebuah survei yang dilakukan oleh majalah CEOWORLD dan Global Business Policy Institute mengukur tingkat afiliasi keagamaan di 148 negara.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Menggunakan 370.000 orang di seluruh dunia sebagai partisipan, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana agama memengaruhi persepsi sistem budaya, sosial, dan politik di seluruh dunia.

Jadi negara mana di dunia yang paling religius? Di bawah ini adalah daftar 10 negara paling religius di dunia.

Somalia (skor agama 99,8)

Somalia adalah negara dengan sejarah spiritual yang menarik. Agama tradisional Afrika, Islam dan Kristen (Kristen dan Katolik) telah meninggalkan jejaknya di negara Afrika Timur ini.

Islam telah memainkan peran penting di Somalia sejak abad ke-7. Bahkan, Somalia adalah salah satu negara pertama yang masuk Islam. Islam menyebar dengan cepat ke seluruh Jazirah Arab dan Somalia menjadi pusat pembelajaran penting bagi dunia Muslim.

Agama tradisional Afrika juga memiliki akar yang dalam di Somalia. Saat ini, banyak orang Somalia terus mempraktikkan tradisi Afrika bersama Islam.

Meskipun agama Kristen tiba di Somalia pada abad ke-12, agama ini tetap menjadi agama minoritas di negara tersebut.

Nigeria (skor agama 99,7)

Secara budaya dan sosial, Nigeria adalah negara mayoritas Muslim dengan mayoritas Muslim Sunni. Asal-usul Islam di Nigeria berasal dari abad ke-15 ketika Islam diperkenalkan oleh penyebaran Kekaisaran Songhai. Islam dengan cepat menyebar ke seluruh Nigeria dan menjadi agama mayoritas.

Bangladesh (indeks agama 99,5)

Bangladesh adalah negara dengan sejarah spiritual yang panjang dan beragam.

Hindu, Budha, Islam dan Kristen semuanya telah meninggalkan jejak mereka di bumi. Buddhisme dan Hindu diperkenalkan ke Bengal pada abad ketiga. Menurut cerita, kedua agama ini dibawa oleh para pedagang dari India dan Cina.

Dengan pembangunan kuil dan biara, agama Hindu dan Budha dengan cepat menyebar di kalangan kelas penguasa dan ke seluruh negeri. Tradisi keagamaan ini telah memainkan peran penting dalam membentuk identitas budaya dan spiritual Bangladesh dan terus mempengaruhi negara tersebut.

Pada saat yang sama, Islam dibawa ke Bangladesh oleh para pedagang Muslim dari Timur Tengah pada abad ke-6. Islam secara bertahap menyebar di Bangladesh dan menjadi agama utama. Selanjutnya, orang Eropa juga memengaruhi lanskap keagamaan Bangladesh dengan memperkenalkan agama Kristen pada abad ke-16. Saat ini, mayoritas penduduk Bangladesh adalah Muslim, dengan minoritas yang menganut agama Hindu, Budha, dan Kristen.

Ethiopia (skor agama 99,3)

Anggota komunitas Ethiopia berpartisipasi dalam doa khusus untuk para korban kecelakaan Ethiopian Airlines Flight ET302 di St. Mary’s Cathedral Twahdo Ethiopian Orthodox Church di Toronto, Kanada pada hari Minggu, 10 Maret 2019, 10 Maret 2019 Ethiopian Airlines penerbangan ET302 jatuh tak lama setelah lepas landas dari Ibukota Ethiopia pada Minggu pagi, menewaskan semua orang di dalamnya, termasuk 18 warga Kanada, kata pihak berwenang. (Christopher Kasarov/The Canadian Press, AP) FOTO:
Anggota komunitas Ethiopia berpartisipasi dalam layanan doa khusus untuk para korban kecelakaan pesawat Ethiopian Airlines ET302 di St. Mary’s Cathedral Twahdo Ethiopian Canadian Orthodox Church di Toronto pada Minggu, 10 Maret 2019. (Christopher Kasarov/The Canadian Press, AP)

Ethiopia adalah negara di Afrika yang mayoritas penduduknya beragama Kristen. Menurut tradisi Ethiopia, Kekristenan diperkenalkan ke Kekaisaran Aksum pada abad keempat M, ketika misionaris berbahasa Yunani Frumentius menggantikan Raja Ezana. Ini adalah awal dari sejarah panjang kekristenan di Ethiopia.

Hari ini, Frumentius dihormati sebagai orang suci di Gereja Ortodoks Ethiopia. Frumentius dianggap sebagai tokoh penting dalam pelestarian dan promosi iman Kristen di negeri ini selama berabad-abad. Selain Kristen, Islam juga memiliki sejarah panjang di Ethiopia. Secara historis, komunitas Muslim pertama diyakini telah tiba di Ethiopia sejak abad ke-7. Meskipun Islam tetap menjadi agama minoritas, Islam memiliki pengaruh yang signifikan terhadap budaya dan sejarah Ethiopia.

Yaman (skor agama 99,1)

Yaman adalah negara dengan sejarah spiritual yang menarik. Yudaisme, Kristen, dan Islam juga telah meninggalkan jejak yang signifikan di negara ini. Islam telah memainkan peran penting di Yaman sejak abad ke-7, ketika Nabi Muhammad mengutus menantunya sebagai gubernur Yaman. Dari sana, Islam dengan cepat menyebar ke seluruh Jazirah Arab dan Yaman menjadi pusat pembelajaran dan pengetahuan bagi komunitas Muslim.

Selain itu, Yudaisme juga berakar kuat di Yaman sejak kedatangan komunitas Yahudi pertama di Yaman pada abad ketiga Masehi. Pada saat yang sama, agama Kristen diperkenalkan ke Yaman pada abad ke-6.

Yaman saat ini adalah negara mayoritas Muslim. Malawi (status agama 99)

Malawi adalah negara dengan warisan spiritual yang kompleks melalui agama tradisional Afrika, Kristen dan Islam. Agama-agama ini konon berperan dalam membentuk budaya dan sejarah Malawi.

Malawi telah menjadi rumah bagi banyak agama tradisional Afrika selama berabad-abad. Kebanyakan orang masih mengikuti praktik ini, serta kepercayaan lainnya, hingga hari ini.

Kekristenan pertama kali diperkenalkan ke Malawi oleh misionaris Eropa pada abad ke-19. Sejak itu, agama Kristen menjadi agama utama di Malawi.

Selain Kristen, Islam juga memiliki sejarah panjang di Malawi, karena pedagang Muslim pertama tiba di pesisir Afrika Timur pada abad ke-15. Meskipun Islam adalah agama minoritas, ia memiliki dampak besar pada budaya dan sejarah Malawi.

Indonesia (skor agama 98,7)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *