Elektabilitas Anies tak Gambarkan Suara Rakyat

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Wakil presiden Republik Indonesia ke-10 dan 12 yang juga Ketua Dewan Kehormatan Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (PP IPHI), Muhammad Jusuf Kalla atau JK menanggapi elektabilitas bakal calon presiden (capres), Anies Rasyid Baswedan yang masih berada di bawah Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. Bahwa menurutnya, hasil survei tidak menggambarkan hasil Pilpres 2024.

“Pilihan dari pada 1.200 orang pada pemilih 205 juta itu tidak menggambarkan itu. Ada caranya, tapi saya kira pasti tidak terlalu akurat,” ujar JK di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (31/7/2023).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Ia berkaca pada pemilihan presiden di Amerika Serikat pada 2016. Saat itu, Donald Trump memiliki elektabilitas yang lebih rendah daripada Hillary Clinton, tetapi ia dapat memenangkan kontestasi tersebut.

“Waktu di DKI juga Anies terendah kan, posisi tiga, tapi kemudian dia terpilih. Itu lebih kecil, kurang lebih tujuh juta pemilih diwakili 1.200. Apalagi 1.200 yang disurvei dengan jumlah pemilih 205 juta, itu kan tidak mudah membawa ke situ,” ujar JK.

Ketua DPP Partai Nasdem, Willy Aditya menanggapi hasil lembaga survei asal Australia, Utting Research terkait elektabilitas Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Rasyid Baswedan. Hasilnya, angka keterpilihan Ganjar (34 persen), Prabowo (33 persen), dan Anies (27 persen).

Willy mengatakan, sebanyak 18 persen publik ingin adanya keberlanjutan pemerintahan saat ini, seperti yang ditawarkan Ganjar dan Prabowo. Sedangkan 81 persen sisanya menginginkan adanya perubahan.

“Sebanyak 81 persen menginginkan perubahan. Baik yang menginginkan keberlanjutan dengan perubahan 61 persen dan perubahan penuh 20 persen,” ujar Willy lewat keterangannya, Ahad (30/7/2023).

Survei tersebut menunjukkan mayoritas rakyat Indonesia menginginkan perubahan yang digagas oleh Anies. Angka dari Utting Research semakin menunjukkan kehendak publik terhadap gagasan tersebut.

“Dengan angka-angka ini setidaknya kita tahu bahwa realitas perubahan yang diinginkan sebagian besar rakyat itu representasinya ada pada Anies Baswedan. Dari keinginan dan harapan rakyat untuk perubahan ini, sebenarnya Anies Baswedan mengalami kenaikan signifikan,” ujar Willy.

Sumber

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *