Hikmah Pagi: Menghidupkan Kembali Semangat Tauhid

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Dahulu masyarakat Arab jahiliah adalah kaum pemuja berhala, mengeramatkan kuburan orang-orang yang dianggap saleh, ngalap berkah dari pohon bertuah, mengultuskan setan dari kalangan jin dan manusia.

Hingga Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menyerukan kepada mereka,

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

يا أيها الناس قولوا: لا إله إلا الله تفلحوا

“Wahai sekalian manusia ucapkanlah oleh kalian “LAA ILAAHA ILLALLAAH” niscaya kalian akan beruntung.”

(Shahih Ibnu Hibban 6562)

Nyatakanlah oleh kalian kalimat tauhid “Laa ilaaha illallaah” tidak ada yang BERHAK diibadahi selain Allah. Yaitu wajib atas kalian mengesakan Allah dalam seluruh peribadahan dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatupun.

Tinggalkan oleh kalian semua bentuk penghambaan kepada selain Allah, sandarkan hati kalian kepada-Nya dan jangan kalian bergantung kepada makhluk.

Meski harus menanggung risiko dan berbagai macam tekanan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tetap bersabar dan istiqamah menyerukan tauhid kepada manusia selama 13 tahun di Mekkah.

Ibnu Ishaq berkata, “Kemudian banyak orang berbondong-bondong memeluk Islam, baik laki-laki maupun wanita hingga menggemalah tauhid di seluruh penjuru Mekkah dan mulai ramai diperbincangkan banyak orang.”

(Sirah Ibnu Hisyam 1/262)

Pesan yang ingin disampaikan di sini bahwa inti dakwah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam adalah tauhid, bahkan tauhid merupakan inti dakwah para Nabi dan para Rasul. Dan setelah beliau hijrah ke Madinah pengarahan kepada tauhid semakin kuat.

Karena tauhid merupakan akidah yang paling mendasar, ibadah yang paling agung, adab yang paling tinggi, fikih yang paling besar, tanpa tauhid penyucian jiwa tidak berguna.

Dari ilallaah harus menaruh perhatian yang besar mendakwahkan tauhid kepada manusia. BUKAN SEKEDAR meyakini hanya Allah yang Maha Pencipta, pemberi rezeki, pengatur alam, menghidupkan dan mematikan.

Esensi tauhid yang sebenarnya ialah mengesakan Allah dalam seluruh penghambaan dan tidak berbuat syirik sedikitpun, memperingatkan manusia dari bahaya syirik dan jenis-jenisnya. Dan sungguh kesyirikan di zaman sekarang jauh lebih fatal.

📂 manhajulhaq

Semoga Allah Ta’ala senantiasa menjadikan kita istiqomah di atas jalan tauhid dan menjauhkan kita dari berbagai perbuatan syirik.

┗━࿐❁✿•••🍃🌼🍃•••✿❁࿐━┛​​​​​​​

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *