Tolak Tambang, Warga Wadas Demo Lagi di Kantor Ganjar Pranowo

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Warga Wadas Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo kembali berunjuk rasa di depan Kantor Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada Rabu, 16 Agustus 2023. Aksi demontrasi menolak tambang di Wadas tersebut juga diikuti mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Kota Semarang.

Rombongan pengunjuk rasa tersebut datang pukul 12.15 WIB. Mereka berjalan kaki menyusuri Jalan Pahlawan dari arah Simpang Lima Kota Semarang sambil memainkan alat musik tradisional kentungan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Perwakilan pengunjuk rasa lantas bergantian menyampaikan orasi. Mereka juga membawa sejumlah sepanduk berisi tulisan penolakan tambang. Beberapa sepanduk dipasang di pagar gerbang Kantor Gubernur Jawa Tengah.

Menurut warga, rencana penambangan untuk material Bendungan Bener tetap dilanjutkan meski izin penetapan lokasi telah habis pada 7 Juni 2023. “Setelah izin habis seharusnya berhenti karena pembebasannya tidak selesai,” kata perwakilan warga, Siswanto.

Saat ini, proses pembukaan akses menuju lokasi rencana penambangan telah dimulai. “Sejak ada pembukaan akses sudah dua kali terjadi banjir,” ujar dia.

Dia menyebut, warga Wadas yang masih mempertahankan tanahnya tak melepaskan untuk penambangan. “Masyarakat inginnya tambangnya berhenti. Karena risikonya tinggi,” ucapnya. “Berapa pun ganti rugi dari pemerintah kalau akhirnya mati kelongsoran untuk apa.”

sumber

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *