Pemborong Buku

Pemborong Buku
Pemborong Buku
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



3/ Ingin membangun relasi

Ada orang yang menulis naskah kemudian dipublikasikan menjadi buku. Penulis tidak menerima imbalan atas buku itu. Pihak yang ditulis membiayai penerbitan buku itu, tetapi membagikan buku itu secara cuma-cuma. Saya kenal baik seorang wartawan yang sudah menulis beberapa biografi konglomerat di Indonesia tanpa dibayar.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

4/ Menjalankan bisnis buku

Ada lagi orang yang menulis buku karena memang memiliki bisnis di bidang penerbitan buku. Buku itu dijual dengan mempertimbangkan prospek, biaya dan keuntungan. Saya ada di kelompok ini: Menjadi penulis sekaligus pengusaha penerbitan buku. Saya dan Jagaters Studio merupakan dua entitas berbeda. Saya penulis. Jagaters Studio penerbit.

Pada masa lalu, sangat jarang ada penulis yang juga punya usaha penerbitan buku. Penulis umunya menghasilkan naskah saja. Sementara usaha penerbitan buku dijalankan pihak lain. Ada pun pencetakan buku dikelola perusahaan percetakan yang dikelola pihak lain. Begitu pula pemasaran bukunya: Dikerjakan pihak lain lagi.

Dengan demikian, ada empat pihak dalam ekosistem industri buku: Penulis, penerbit, percetakan dan pedagang buku.

  • Penulis yang membuat naskah buku.
  • Penerbit mengedit dan mendesain buku.
  • Percetakan yang mencetak buku,
  • Pedagang yang menjual buku.

Penulis memang hanya memperoleh royalty atas naskah yang terbit menjadi buku. Kalau bukunya tidak terlalu laku, royalty yang diterima juga sangat kecil. Saking kecilnya, ada seorang pejabat penting yang malu menerima royalty dari penerbit. Dalam acara jumpa pers yang saya ikuti pada 1993, pejabat itu langsung menyerahkan kembali royalty-nya kepada Palang Merah Indonesia.

Sebaliknya kalau bukunya laku, royalty yang diterima juga besar. Bahkan ada penulis buku yang menerima royalty hingga Rp2 miliar per periode pembayaran. Bukunya sudah dicetak sejak 10 tahun lalu dan masih terus dicetak ulang hingga hari ini.

Nah, kalau ingin memperoleh penghasilan yang lebih ‘’manusiawi’’, mau tidak mau, harus menjadi pemborong yang menjalankan tiga usaha sekaligus: Sebagai penulis memperoleh royalty. Sebagai penerbit menerima keuntungan usaha. Sebagai pedagang mendapat margin harga.(jto)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *