Mengapa Membatasi Usia Capres- Cawapres Maksimal 65 Tahun Adalah Kesalahan Yang Fatal ?

Usia Capres- Cawapres Maksimal 65 Tahun
Membatasi Usia Capres- Cawapres Maksimal 65 Tahun
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Mandela memperkenalkan sejumlah kebijakan untuk meningkatkan kehidupan warga kulit hitam Afrika Selatan, seperti memperluas akses terhadap pendidikan dan layanan kesehatan.

Padahal kekerasan demi kekerasan, juga penindasan di Afrika Selatan sebelum Mandela menjadi presiden menjadi hal yang rutin. Mandela mampu menyetop itu, tak pula membalas dendam menghancurkan ras kulit putih ketika ras kulit hitam berkuasa.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Usia Tujuh puluhan pada kasus Mandela justru menjadi momen kearifan dan kebijaksanaan. Itu usia yang terasa lebih berpengalaman.

Kesalahan pertama pembatasan maksimal usia capres– cawapres 65 tahun karena ia mengabaikan fakta sejarah. Ada contoh nyata presiden yang usianya di atas 65 tahun justru menjadi ikon dunia, seperti kasus Nelson Mandela di atas.

Kesalahan kedua dari pembatasan maksimal capres dan cawapres 65 tahun karena mengabaikan kondisi di Indonesia sendiri. Bukankah Maruf Amin ketika terpilih menjadi wakil presiden, usianya sudah di atas 65 tahun, bahkan di atas 70 tahun? Saat terpilih menjadi wapres, usia Maruf Amin 76 tahun.

Bersama Jokowi, kini mereka mendapatkan approval rating, tingkat kepuasan publik di angka 80 persen. Ini tingkat kepuasan yang tinggi sekali.

Jusuf Kala mengalami hal yang sama. Ketika ia terpilih menjadi wakil presiden Jokowi di tahun 2014, usianya sudah 72 tahun.

Kesalahan ketiga jauh lebih mendasar. Tindakan ini menjadi pelanggaran hak asasi manusia. Ia mendiskriminasi warga berusia 65 tahun ke atas untuk menjadi presiden atau wakil presiden.

Apa yang salah dengan usia 65 tahun ke atas sehingga dilarang menjadi capres atau cawapres?

Pada usia 65 tahun ke atas, sejauh masih sehat, itu justru usia yang penuh pengalaman dan pengetahuan.

Jika tuntutan ini dikabulkan MK, maka MK akan dicatat sejarah dan dunia melegalkan diskriminasi atas usia.***

24 Agustus 2023.

CATATAN

(1) Gugatan ke MK, maksimal usia capres– cawapres 65 tahun

https://nasional.sindonews.com/newsread/1181491/13/mk-diminta-putuskan-batas-usia-capres-cawapres-21-65-tahun-dan-pencalonan-dibatasi-2-kali-1692616103

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *