9 Keutamaan Sholawat Nariyah, Rezeki Bakal Mengalir Deras dan Mendapat Syafaat

Keutamaan Sholawat Nariyah
Keutamaan Sholawat Nariyah
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Sholawat Nariyah merupakan salah satu bacaan sholawat terpopuler di Indonesia. Sholawat juga sering dilantunkan di berbagai acara keagamaan. Lantas, apa yang menjadi keutamaan Sholawat Nariyah? Ini ulasannya.

Sholawat secara bahasa berasal dari kata sholah yang berarti berdoa atau memohon kepada Allah SWT.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Oleh karena itu, tujuan membaca sholawat untuk Nabi Muhammad SAW adalah untuk berdoa dan memohon keselamatan serta kesejahteraan kepada Allah SWT.

Shoalwat adalah ibadah yang mulia, Allah serta para malaikat-Nya juga mempersembahkan Shoalwat kepada Nabi SAW sebagaimana firman-Nya:

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

Artinya: Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya. (QS. Al Ahzab: 56).

Sholawat nariyah dikarang Syekh Ahmad At Tazi Al Maghribi (Maroko). Sholawat Nariyah yang kerap dilantunkan masyarakat Muslim di Indonesia ini juga dikenal dengan sholawat tafrijiyah.

Sholawat Nariyah Arab, Latin, Artinya

اللَّهُمَّ صَلِّ صَلاَةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَمًا تَامًّا عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ نِالَّذِيْ تُنْحَلُ بِهَ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِيْمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلٰى آلِهِ وَصَحْبِهِ فيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَ نَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Latin: Allahumma sholli sholaatan kaamilatan wasallim salaaman. Taaman ‘ala sayyidina Muhammadinilladzi tanhalu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil kurobu. Wa tuqdhoo bihil hawaaiju wa tunaalu bihir roghooibu. Wa husnul khowatiimi wa yustasqol ghomaamu biwajhihil kariimi wa ‘ala aalihi washohbihi fii kulli lamhatin wa nafasin bi’adadi kulli ma’lu mi laka.

Artinya : “Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab Nabi SAW semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.”

Keutamaan Sholawat Nariyah

Dikutip dari buku Syariat Bershalawat karya Muhammad Habib Musthofa (2020), berikut beberapa keutamaan membaca sholawat.

1. Dimudahkan Kesulitan yang Dihadapi

Keutamaan sholawat nariyah menurut Imam al Qurthubi yakni orang yang membaca shalawat Nariyah atau Tafjiriyah sebanyak 41 kali, 100 kali atau lebih, Allah akan melapangkan kesulitannya, mengusir kesedihannya, memudahkan urusannya, menerangi hatinya menurut kadar imannya, meninggikan derajatnya.

2. Diluaskan Rezeki

Keutamaan sholawat nariyah menurut Imam Al Qurthubi selanjutnya diluaskan rezekinya, dibukakan pintu-pintu kebaikan, dan melindunginya dari kehacuran sepanjang tahun, menyelamatkan dari berbagai musibah kelaparan dan kemiskinan, dicintai oleh semua mahluk, dan dikabulkannya doa dari segala doa.”

3. Menolak Datangnya Bencana

Keutamaan sholawat nariyah  menurut Syeikh Ibnu Hajar al Asqalani, sholawat tersebut menjadi amalan para ulama apabila mereka memohon suatu hajat kepada Allah atau menolak datangnya suatu bencana. Sholawat Nariyah ini dianjurkan untuk dibaca sebanyak 4.444 kali.

4. Rezeki Mengalir Deras

Keutamaan sholawat nariyah menurut Imam As-Sanusy, orang yang membaca sholawat nariyah sebanyak 11 kali maka ibarat baginya telah diturunkan rezeki dari langit dan tumbuh di bumi.

Senada dengan pernyataan diatas, Syekh Muhammad at Tunisy mengatakan bahwa barangsiapa membaca sholawat ini setiap hari sejumlah 11 kali, maka Allah akan menurunkan rezekinya dari langit dan mengikutkan rezekinya dari belakang.

5. Mendapat Syafaat

Keutamaan sholawat termasuk membaca sholawat nariyah akan mendapat syafaat kelak di hari kiamat.

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ؛ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: “أَوْلَى النَّاسِ بِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَكْثَرُهُمْ عَلَيَّ صَلَاةً”.

Dari Abdullah ibnu Mas’ud, bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: Orang yang paling berhak mendapat syafaatku kelak di hari kiamat adalah orang yang paling banyak membaca shalawat untukku. 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *