5 Cara Mengobati Kanker Prostat Agar Tidak Berujung Kematian

Mengobati Kanker Prostat
Kanker Prostat


banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id  – Kanker prostat adalah tumbuhnya tumor ganas pada kelenjar prostat. Kelenjar ini berperan dalam pembentukan cairan ejakulasi pria.

“Prostat ini hanya ada pada laki-laki, letaknya ada di dalam dan untuk melakukan pemeriksaan kanker prostat paling tidak harus menggunakan USG atau colok dubur,” kata dokter spesialis urologi konsultan Agus Rizal Ardy Hariandy Hamid dalam acara relaunch Prostate Centre and Men’s Health and Couple’s Well-being Center RSCM di Jakarta Pusat, Jumat (22/9/2023).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Jika tidak ditangani dengan baik, kanker ini bisa berujung pada kematian. Di Indonesia angka kejadiannya 11,6 per 100.000 laki-laki dan angka kematian 4,5 per 100.000 laki-laki.

Untuk pasien dengan kanker prostat stadium awal, dokter akan memilih untuk mengambil pendekatan “menunggu dengan waspada”. Hal ini dapat dilakukan pada pasien yang kankernya masih terlokalisasi dan risiko metastasis (penyebaran) sangat rendah.

Namun keputusan ini harus dibicarakan dan dipertimbangkan secara matang oleh dokter yang merawat pasien. Jika kanker prostat berkembang atau memerlukan pengobatan agresif, beberapa pengobatan dapat dipertimbangkan, yaitu:

Pembedahan

Pembedahan bertujuan untuk menghilangkan kanker prostat yang terlokalisasi. Pembedahan ini bisa berupa prostatectomy (pengangkatan seluruh kelenjar prostat) atau terapi bedah lainnya.

Radiasi

Terapi radiasi, baik eksternal maupun internal (brakiterapi), digunakan untuk menghancurkan sel-sel kanker prostat. Ini adalah pilihan pengobatan yang umum bagi banyak pasien dengan kanker prostat.

Cara lain dalam menangani kanker prostat adalah terapi hormon. Penggunaan hormon seperti hormon luteinizing (LH) atau hormon pelepas hormon gonadotropin (GnRH) dapat menghentikan produksi hormon testosteron yang merangsang pertumbuhan sel kanker prostat.

Terapi ini sering digunakan pada kanker prostat yang telah menyebar.

Terapi Targeted

Terapi targeted menggunakan obat-obatan yang dirancang untuk menargetkan sel-sel kanker prostat dengan cara tertentu, seperti obat-obatan yang menghambat pertumbuhan sel kanker.

Kemoterapi

Meskipun tidak selalu menjadi pilihan utama, kemoterapi dapat digunakan pada kanker

prostat yang telah menyebar ke luar kelenjar prostat.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar