9 Obat Bantu Tidur Alami yang Dijamin Istirahat Maksimal

Obat Tidur Alami
Teh chamomile
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



“Jika Anda membiarkan lampu kamar mandi menyala, mungkin diperlukan waktu hingga 30 menit untuk tertidur kembali,” ujar Gamaldo.

  1. Dark chocolate

Sepotong dark chocolate juga bisa menjadi pilihan. Pasalnya, cokelat satu ini mengandung tinggi magnesium.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Mengutip Healthline, magnesium dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh sehingga lebih mudah untuk tertidur.

Studi menunjukkan bahwa efek relaksasi magnesium disebabkan oleh kemampuannya mengatur produksi melatonin. Magnesium dikenal dapat mengendurkan otot dan memicu rasa kantuk.

  1. Aroma lavender

Bukan rahasia lagi, aroma lavender adalah obat tidur yang paling ampuh. Tanaman berona keunguan ini mengeluarkan aroma yang sangat menenangkan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mencium minyak aromaterapi lavender sebelum tidur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, baik pada mereka yang menderita insomnia ataupun tidak.

Namun perlu diingat, minyak lavender hanya bisa digunakan sebagai aromaterapi, bukan untuk digunakan secara oral. Dalam beberapa kasus, asupan lavender dapat memicu mual, sendawa, dan diare.

  1. Suplemen ginkgo biloba

Sebuah penelitian menemukan, konsumsi sekitar 240 miligram ginkgo biloba 30-60 menit sebelum tidur dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan relaksasi, dan kualitas tidur.

  1. Menu bayam dan tahu untuk makan malam

Semangkuk sayur bayam dan tahu goreng mungkin bisa jadi menu makan malam yang tepat demi menyambut tidur yang berkualitas. Keduanya dapat jadi obat tidur alami karena kandungan triptofan yang ada di dalamnya.

Mengutip WebMD, triptofan dibutuhkan untuk proses pembentukan serotonin yang lebih stabil. Serotonin sendiri adalah hormon yang menimbulkan perasaan nyaman.

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa neurotransmitter serotonin berperan dalam menginduksi tidur. Beberapa penelitian juga menemukan kerusakan bagian otak yang menampung serotonin dapat menyebabkan insomnia total.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *