Jokowi Mengkritik Israel di AS Pasca Serangan Terhadap Rumah Sakit Indonesia di Gaza

Jokowi Mengkritik Israel di AS
Rumah Sakit Indonesia
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Presiden Joko Widodo menegaskan hukum humaniter harus ditegakkan. Kata-kata tersebut ia ucapkan sebagai respons atas serangan Israel terhadap kawasan RS Indonesia di Gaza.

Jokowi meminta semua pihak tidak menyerang fasilitas publik. Dia menyebutkan bahwa kegiatan kemanusiaan tidak boleh diserang selama perang.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Terkait kondisi rumah sakit Indonesia di Palestina saat ini, telah juga saya sampaikan baik saat di KTT dan saat pertemuan bilateral di sela KTT, tentang pentingnya menghormati hukum humaniter internasional,” kata Jokowi di Washington DC, disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (13/11).

Jokowi menyampaikan komitmen Pemerintah Indonesia melindungi warga negara Indonesia di Gaza. Pemerintah juga berkomitmen melindungi fasilitas publik, termasuk Rumah Sakit Indonesia.

“Fasilitas publik dan kegiatan kemanusiaan tidak boleh jadi sasaran serangan dan Israel harus bertanggung jawab atas kekejaman yang telah dilakukan,” ujar Jokowi.

Dia mendorong gencatan senjata segera dilakukan di Gaza. Jokowi pun mendorong Israel dan Hamas segera menyiapkan perundingan damai.

Sebelumnya, Israel menyerang area Rumah Sakit Indonesia di Gaza pada Kamis (9/11). Direktur RS Indonesia Atef Al Kahlout mengatakan Israel menembakkan rudal Shrapnel.

Rumah Sakit Indonesia menjadi salah satu fasilitas kesehatan yang tersisa di Gaza. Bangunan ini menampung korban luka dan warga atas serangan Israel.

Pemerintah Indonesia mengutuk serangan Israel ke bangunan itu. Kementerian Luar Negeri menyebut Israel menembak 11 rudal ke area Rumah Sakit Indonesia.

“Indonesia sekali lagi mengutuk serangan-serangan biadab terhadap warga dan obyek sipil, khususnya fasilitas-fasilitas kemanusiaan di Gaza,” ungkap Juru Bicara Kemlu Lalu Muhammad Iqbal dalam rilis resmi, Jumat (10/11).

Sumber: cnn

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *