Kultum 281: Jin Memang Ada Bersama Kita

Jin Memang Ada Bersama Kita
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Dengan demikian, sama dengan manusia, jin juga masuk surga atau neraka sesuai dengan iman dan amal shalihnya. Allah berfirman, “Dan sungguh, akan Kami isi neraka Jahanam banyak dari kalangan jin dan manusia. Mereka memiliki hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka memiliki mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengarkan (ayat-ayat Allah). Mereka seperti hewan ternak, bahkan lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lengah” (QS. Al-A’raf, ayat 179).

Di antara jin ada yang beriman kepada Allah dan risalah semua Nabi Allah dan ada pula yang tidak. Ada juga yang meninggalkan jalan-jalannya yang jahat dan menjadi mukmin sejati, setia dan sabar sebagaimana firman Allah, “Katakanlah (Wahai Muhammad), telah diwahyukan kepadaku bahwa sekelompok jin mendengarkan dan berkata; ‘Sesungguhnya kami telah mendengar Al-Qur’an yang agung. Itu petunjuk kepada kebenaran, maka kami beriman kepadanya, dan kami sekali-kali tidak menyekutukan Tuhan kami” (QS. Al-Jin, ayat 1 – 2).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Jadi jin, sebagaimana manusia, akan bertanggung jawab kepada Allah dan mereka akan dimintai pertanggungjawaban dan akan masuk surga atau neraka. Jin akan hadir bersama manusia pada ‘Hari Kebangkitan’ dan Allah akan bertanya kepada mereka (jin dan manusia) semua sebagaimana firman Allah, “Hai sekalian kumpulan jin dan manusia! Tidakkah datang kepadamu rasul-rasul dari antara kamu yang membacakan bagimu ayat-ayat-Ku dan memperingatkan kamu tentang pertemuan harimu ini? Mereka akan berkata, Kami menjadi saksi atas diri kami sendiri” (QS. Al-An’am, ayat 130).

Sejauh ini kita telah belajar bahwa makhluk ghaib memang ada. Jadi, di dunia ini kita tidak sendiri. Jin adalah makhluk yang hidup bersama kita, namun mereka terpisah dari kita. Keberadaan mereka menawarkan penjelasan atas banyak kejadian aneh dan kadang terasa meresahkan. Kita tahu bahwa jin itu ada yang baik dan ada yang jahat, meskipun pembuat kerusakan dan pelaku kejahatan jauh lebih banyak daripada yang baik seperti yang orang percaya. InsyaAllah bersambung.

Semoga sedikit yang kita baca ini bermanfaat bagi kita semua, dan kalau sekiranya bisa bermanfaat bagi yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad Idris Adh.                                    —ooOoo—

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *