Kisah Abu Nawas: Menang Lomba Menidurkan Raja Dengan Memanfaatkan Cerita Asal-Asalan

Menang Lomba Menidurkan Raja
Raja
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idAbu Nawas melihat Yang Mulia Raja mengadakan sayembara dan mengundang banyak penyair. Raja meminta semua orang untuk menceritakan sebuah kisah yang akan membuatnya tertidur lelap.

Konon sang raja tidak bisa tidur karena ia jatuh cinta pada wanita tercantik yang pernah dilihatnya. Kalau begitu dia sebenarnya adalah raja yang baik, tidak mungkin dia mengkhianati wanita lain.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Maka raja berusaha melupakannya, namun bayangan wanita yang dilihatnya tidak membuatnya tertidur. Oleh karena itu, raja memutuskan untuk melupakan wanita itu ketika mendengar cerita para penyair.

Malam pun makin larut, tidak ada satu penyair pun yang bisa membuat Raja tertidur. Hingga akhirnya giliran Abu Nawas, ia pun menceritakan sesuatu yang sebenarnya tidak jelas kepada sang raja.

“Begini, Raja. Ada seekor semut yang penasaran dengan lubang telinga manusia. Untuk mengobati rasa penasarannya, semut itu masuk ke lubang telinga manusia. Ternyata di dalamnya gelap, dan semut itu tidak nyaman di dalamnya. Semut itu keluar. Tidak lama kemudian, semut itu melihat ke lubang telinga orang itu lagi. Semut tersebut penasaran, lalu masuk lagi ke dalamnya,” kisahnya seperti dilansir laman Alif.

Abu Nawas melanjutkan, “Ternyata di dalamnya gelap. Semut itu pun keluar lagi. Setelah berada di luar, semut itu masih juga penasaran. Dan lagi semut masuk lagi ke dalam lubang telinga manusia. Ternyata di dalam telinga, semut itu tidak nyaman lagi. Semut itu keluar lagi.”

Sebenarnya Abu Nawas mengisahkan cerita semut itu yang keluar masuk telinga berulang kali. Mendengar itu semua, Raja bosan dengan cerita Abu Nawas tentang semut yang bolak balik masuk telinga. Kemudian sang Raja pum berkata:

“Sudah, sudah. Cerita tidak jelas begini kok dikisahkan kepadaku. Mending aku tidur saja daripada mendengar kisah tak jelas begini.”

Kemudian Abu Nawas akhirnya pulang dan tanpa disadari Raja akhirnya tertidur. Namun ketika bangun, Raja tersadar ternyata kisah-kisah indah para penyair malah membuatnya tak bisa tidur karena malah penasaran dengan cerita.

Kemudian Abu Nawas akhirnya memenangkam sayembara itu berkat cerita asal-asalannya, tapi berhasil membuat Raja tidur.

Wallahu a’lam.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *