Kultum 309: Bagi Penulis, Biografi Nabi Muhammad Itu Terbaik

Biografi Nabi Muhammad Itu Terbaik
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Buku yang ditulis Syaikh Safier ini mencakup peristiwa-peristiwa ajaib secara rinci termasuk peristiwa-peristiwa tertentu yang akan dipertanyakan oleh standar modern. Sayangnya, tidak ada penjelasan terkait yang diberikan untuk membantu seseorang memahami mengapa pilihan itu tepat untuk waktu dan tempat, sehingga non-Muslim skeptis, dan lainnya yang tidak memiliki latar belakang pengetahuan yang memadai dan harus menjauhi buku ini. Bagi umat Islam, buku ini adalah salah satu buku sirah terbaik.

Sementara itu, Michael Cook juga menulis buku yang berjudul “Muhammad”. Buku kecil ini bukanlah analisis kritis. Dan itu tidak termasuk pertimbangan validitas atau efek dari pesan Nabi. Sebaliknya, ini adalah penjelasan sederhana dan lugas tentang apa pesan monoteis (Tuhan yang Satu) itu dan bagaimana Muhammad membawanya ke Arab.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Adapun Karen Armstrong, seorang sarjana Islam Inggris yang bukan seorang Muslim, menulis “Muhammad: Biografi Nabi”. Yang menarik adalah pernyataannya bahwa dia juga bukan lagi seorang Kristen yang taat, tetapi tidak memilih untuk mengikuti Islam; dia sepertinya masih mencari. Tetapi, dia bersimpati kepada Islam dan sangat berpengetahuan tentang sejarah.

Nona Armstrong memberikan penjelasan yang luar biasa tentang latar belakang sejarah dan menempatkan pilihan, situasi, dan masalah ke dalam perspektif yang jelas tentang norma dan harapan di sekitarnya. Dengan cara ini, bahkan orang-orang yang skeptis dan mereka yang terus menemukan perintah-perintah Islam yang tidak memenuhi konsepsi modern dapat melihat seberapa banyak perbaikan dari perintah-perintah Islam pada masa mereka sendiri. Nona Armstrong juga berusaha untuk menunjukkan bagaimana perintah ini sebenarnya lebih alami dan tidak bertentangan dengan pemikiran modern seperti yang dirasakan beberapa orang, dan menjelaskan bagaimana jika mereka tampaknya tidak memenuhi kebutuhan modern, mungkin karena kebutuhan modern salah. Dia juga menunjukkan pengetahuan yang jelas tentang perbedaan antara hukum Islam dan praktik budaya.

Satu-satunya kelemahan dalam tulisan Ms. Armstrong ini adalah ada hal yang menyiratkan bahwa dia tidak benar-benar percaya bahwa Nabi Muhammad diilhami oleh Tuhan. Dia hanya menyebutnya sebagai pria hebat, reformis dan negarawan; bukan diilhami oleh instruksi Ilahi. Allahu ya’lam.

Semoga sedikit yang kita baca ini menjadi pengingat bagi kita semua, dan kalau sekiranya bisa bermanfaat bagi yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad Idris Adh.                                    —ooOoo—

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *