Ini Bacaan Pengganti Doa Qunut Jika Anda Belum Hafal

Bacaan Pengganti Doa Qunut
Bacaan Pengganti Doa Qunut
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idINILAH Bacaan doa Qunut, Kalau Belum hafal. Doa Qunut biasanya dibacakan pada salat subuh, witir dan salat lainnya. Baca rakaat terakhir setelah berdiri dari sujud (iktidal) atau sebelum sujud.

Dirangkum dari Rumaysho.com, Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal M.Sc menerangkan secara jelas terkait bacaan doa qunut.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Al Hasan bin Ali radhiyallahu ‘anhuma berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajariku beberapa kalimat yang aku ucapkan dalam sholat witir, yaitu:

اللَّهُمَّ اهْدِنِى فِيمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِى فِيمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِى فِيمَا أَعْطَيْتَ وَقِنِى شَرَّ مَا قَضَيْتَ فَإِنَّكَ تَقْضِى وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَإِنَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ

Allahummahdinii fiiman hadait, wa ’aafini fiiman ‘aafait, wa tawallanii fiiman tawallait, wa baarik lii fiima a’thoit, wa qinii syarro maa qodhoit, fa innaka taqdhi wa laa yuqdho ‘alaik, wa innahu laa yadzillu man waalait, tabaarokta robbanaa wa ta’aalait.

(Ya Allah, berilah aku petunjuk di antara orang-orang yang Engkau beri petunjuk, dan berilah aku keselamatan di antara orang-orang yang telah Engkau beri keselamatan, uruslah diriku di antara orang-orang yang telah Engkau urus, berkahilah untukku apa yang telah Engkau berikan kepadaku, lindungilah aku dari keburukan apa yang telah Engkau tetapkan, sesungguhnya Engkau Yang memutuskan dan tidak diputuskan kepadaku, sesungguhnya tidak akan hina orang yang telah Engkau jaga dan Engkau tolong. Engkau Maha Suci dan Maha Tinggi).”

(HR Abu Dawud nomor 1425; An-Nasa’i: 1745; Tirmidzi: 464. Syekh Al Albani mengatakan hadits ini sahih)

Bacaan Pengganti Doa Qunut

Berikut ini bacaan pengganti doa qunut jika tidak hafal. Kaum Muslimin bisa melafadzkan doa iktidal bangun dari rukuk.

Dalam hadits Anas bin Malik disebutkan:

وَإِذَا رَفَعَ فَارْفَعُوا ، وَإِذَا قَالَ سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ . فَقُولُوا رَبَّنَا وَلَكَ الْحَمْدُ

“Jika imam bangkit dari rukuk, maka bangkitlah. Jika ia mengucapkan: ‘Sami’allahu liman hamidah (Allah mendengar pujian dari orang yang memuji-Nya)’, ucapkanlah: ‘Robbana wa lakal hamdu (Wahai Rabb kami, bagi-Mu segala puji)’.” (HR Bukhari nomor 689 dan Muslim: 411)

Bisa juga membaca doa yang lebih lengkap ketika iktidal atau bangkit dari rukuk:

اللَّهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ مِلْءَ السَّمَوَاتِ وَمِلْءَ الأَرْضِ وَمِلْءَ مَا شِئْتَ مِنْ شَىْءٍ بَعْدُ أَهْلَ الثَّنَاءِ وَالْمَجْدِ لاَ مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ وَلاَ مُعْطِىَ لِمَا مَنَعْتَ وَلاَ يَنْفَعُ ذَا الْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ

Allahumma robbanaa lakal hamdu mil-assamawaati wa mil-al ardhi, wa mil-a maa syi’ta min syai-in ba’du, ahlats tsanaa-i wal majdi, laa maani’a limaa a’thoita, wa laa mu’thiya lima mana’ta, wa laa yanfa’u dzal jaddi minkal jaddu

(Ya Allah, Rabb kami, bagi-Mu segala puji sepenuh langit dan sepenuh bumi, sepenuh apa yang Engkau kehendaki setelah itu. Wahai Tuhan yang layak dipuji dan diagungkan. Tidak ada yang dapat menghalangi apa yang Engkau berikan dan tidak ada pula yang dapat memberi apa yang Engkau halangi, tidak bermanfaat kekayaan bagi orang yang memiliinya, hanyalah dari-Mu kekayaan itu).” (HR Muslim nomor 471)

Demikianlah pembahasan mengenai bacaan pengganti doa qunut jika tidak hafal. Wallahu a’lam bisshawab.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *