Mau Amalan Penggugur Dosa? Ini Kata Ustadz Adi Hidayat

Amalan Penggugur Dosa
Ustadz Adi Hidayat
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idMeski manusia dianggap makhluk paling sempurna, bukan berarti tidak akan pernah melakukan kesalahan yang berujung pada dosa seumur hidupnya.

Ustadz Adi Hidayat alias UAH menyarankan beberapa amalan yang bisa dilakukan umat Islam untuk mengurangi dosa-dosa yang dilakukannya selama hidup di dunia atau agar mendapat ampunan dari Allah Ta’ala.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

UAH mengatakan, ada 5 amalan yang bisa dilakukan seseorang selama hidup di dunia untuk menghapus dosa.

Amalan Ini Bagus Dilakukan Hari Jumat

Dilansir dari tayangan Youtube Adi Hidayat Official pada Sabtu  (06/01/2024), UAH menyebutkan ada lima amalan yang apabilan dilakukan semasa hidup di dunia maka dapat menggugurkan dosa-dosa.

Terutama jika amalan-amalan tersebut dilakukan pada hari Jumat.

“Berpotensi menggugurkan dosa-dosa di antara jeda-jeda waktu itu,” kata Ustadz Adi Hidayat dalam tausiyahnya.

5 Amalan Penggugur Dosa

Menurut Ustadz Adi Hidayat, terdapat beberapa amalan penggugur dosa yang dapat dilakukan, antara lain:

  1. Memperbanyak baca Al-Qur’an

Ustadz Adi Hidayat menjelaskan bahwa memperbanyak baca Al-Qur’an dapat menggugurkan dosa. Tidak hanya itu, ia menyebutkan sejumlah surat-surat tertentu yang dianjurkan dibaca secara optimal saat sebelum atau setelah beribadah.

  1. Membaca istighfar

Istighfar adalah permohonan ampun kepada Allah SWT. Ustadz Adi Hidayat menyarankan untuk membaca istighfar sebanyak-banyaknya.

  1. Membaca sholawat

Membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW juga dapat menggugurkan dosa. Sholawat atas nama Nabi Muhammad SAW dianjurkan untuk dilakukan sesering mungkin bahkan terlepas dari waktu-waktu khusus.

  1. Membantu orang lain

Membantu orang lain dalam kebaikan juga dapat menggugurkan dosa. Membantu orang lain tanpa mengharapkan pamrih setelah membantunya niscaya akan mendapat pengampunan dari Allah SWT.

  1. Salat Jumat

Pada hari Jumat, umat muslim ada tuntunan untuk mempersiapkan ibadah shalat jumat secara sempurna.

Bahkan spesifik Nabi Muhammad SAW membimbing kita dengan merinci hal-hal yang dilakukan di hari Jumat.

“Siapa yang bisa menunaikannya Nabi tegaskan dia berpotensi terampuni dosa-dosanya yang pernah dia kerjakan di antara dua jumat,” kata Ustaz Adi Hidayat.

Bahkan dalam hadits lain Nabi tegas menyampaikan keutamaan ini disandingkan dengan pemberian manfaat antar shalat, bahkan pemberian kafarat dari dosa antar ramadhan. Hadits Riwayat Muslim 233

وَعَنْهُ ، عَنِ النَّبِيِّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – ، قَالَ : (( الصَّلَوَاتُ الخَمْسُ ، وَالجُمُعَةُ إِلَى الجُمُعَةِ ، وَرَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ ، مُكَفِّراتٌ مَا بَيْنَهُنَّ إِذَا اجْتُنِبَتِ الكَبَائِرُ )) رَوَاهُ مُسْلِمٌ.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Shalat lima waktu, Jumat ke Jumat, dan Ramadhan ke Ramadhan adalah penghapus dosa-dosa yang di antara semua itu, jika dosa-dosa besar dijauhi.” (HR. Muslim).

Namun, penting untuk diingat bahwa amalan tersebut harus dilakukan dengan ikhlas dan tulus, serta diiringi dengan perbaikan diri dan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *