Tandatangani Kesepakatan, Arab Saudi Janji Jemaah Haji Indonesia 2024 akan Terlayani dengan Baik

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Pemerintah Arab Saudi telah menandatangani kesepakatan perhajian (Ta’limatul Hajj) dengan Indonesia. Arab Saudi berjanji musim haji 1445 H /2024 M akan terlaksana dengan lebih baik dari tahun sebelumnya.

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Arab Saudi, Waleed Abdulkarim, saat berkunjung ke Indonesia. Waleed mengatakan, pihaknya akan mengantisipasi persoalan-persoalan yang pernah terjadi di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armina) pada 2023.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Kami Pemerintah Saudi terus berupaya untuk memperbaiki seluruh sistem, manajemen, dan pelayanan haji dengan sebaik-baiknya. Supaya jemaah haji dari seluruh penjuru dunia, tentunya jemaah Indonesia dapat terlayani dengan baik, maksimal, dan optimal,” kata Waleed, di Kantor Kementerian Agama Jl. Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Sebagaimana dikutip dari laman Kemenag, Rabu (10/1/2024).

Pasalnya, memberikan pelayanan yang optimal untuk penyelenggaraan ibadah haji merupakan suatu kehormatan dan kebahagiaan bagi pemerintah dan masyarakat Arab Saudi. Khususnya bagi Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia.

“Pelaksanaan haji ini sangat kompleks sekali. Terkait banyak persoalan mulai dari transportasi, akomodasi, penanganan jemaah haji yang beragam. Tentu ini sangat butuh persiapan karena kompleksitas yang begitu besar,” jelas Waleed.

Agar pelaksanaan haji tahun ini berjalan dengan mulus, Waleed berharap Kementerian Agama (Kemenag) bisa terus menjalin komunikasi dengan otoritas Arab Saudi. Supaya persoalan dan tantangan yang ada segera dikordinasikan untuk mendapatkan solusi-solusi terbaik.

Wakil Menteri Agama (Wamenag) Saiful Rahmat Dasuki setuju dengan hal tersebut. Ia menilai koordinasi yang lancar sangat penting.

Bukan hanya dengan pemerintah Arab Saudi, tetapi juga dengan pihak-pihak terkait. Sehingga pelaksanaan ibadah haji tahun 1445 H/2024 M dapat berjalan lebih baik dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Kemarin sudah dilakukan penandatanganan Ta’limatul Hajj tahun 1445H/2024M sebagai starting point kami dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun ini,” tutur Saiful Rahmat Dasuki.

Selain itu, Wamenag Saiful juga mengajak Wamenlu Saudi untuk sama-sama mengupayakan perdamaian dan kemerdekaan bagi Palestina.

“Kita bersama-sama untuk terus mewujudkan perdamaian dunia, bebas dari penjajahan dan konflik di belahan dunia manapun, khususnya saudara-saudara kita di Gaza, Palestina,” tukas Wamenag.

Dalam kunjungannya tersebut, Wamenlu Saudi Waleed ditemani oleh Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Faisal Abdullah, beserta jajaran. Mereka disambut oleh Wamenag Saiful Rahmat Dasuki, Direktur Urusan Agama Islam Adib, Sekretaris Ditjen Penyelenggaraan Haji Umroh Ahmad Abdullah dan sejumlah pejabat lainnya.

Seperti diketahui, penyelenggaraan haji 2023 mengalami beberapa masalah di Armina. Mulai dari keterlambatan distribusi makanan, penjemputan, hingga masalah tenda dan toilet.

Banyak negara yang kecewa dengan pelayanan yang disediakan oleh pihak ketiga Arab Saudi. Karena tidak sesuai dengan kesepakatan.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *