Google Trends Mengungkap Keunggulan Anies, Mungkinkah Ini Prediksi Pemilu 2024?

Google Trends Mengungkap Keunggulan Anies
Anies Baswedan
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idStudi menunjukkan bahwa Google Trends atau tren pencarian berbasis mesin pencari Google memiliki kemampuan memprediksi kemenangan pemilu dalam kondisi ketat tertentu.

Hal tersebut terungkap dalam penelitian bertajuk ‘Predicting the Results of the 2019 Indonesian Presidential Election with Google Trends Analysis of Accuracy, Precision, and Its Opportunity’ karya Ali Ar Harkan dan Eriyanto dari Universitas Indonesia (2021).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Materinya adalah data Google Trends dua calon presiden pada Pilpres 2019 yakni Joko Widodo dan Prabowo Subianto, serta angka penghitungan aktual Pilpres 2019 yang dirilis Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 21 Mei 2019 lalu.

Grafik perbandingan Google Trends 3 capres dalam periode 30 hari terakhir. (dok. google trends)

“Penulis mengungkap fitur Google Trends memiliki akurasi dan presisi yang rendah dalam memprediksi pilihan politik pemilih Indonesia berdasarkan data real count Pilpres 2019.”

Penulis menyebut penelitian tentang perilaku pemilih harus terus menggunakan metode survei dan wawancara dan tidak akan digantikan oleh Google Trends dalam waktu dekat.

“Namun penelitian ini menemukan bahwa Google Trends dapat menjadi alat untuk memprediksi pemilu jika ditambahkan hal-hal berikut: analisis sentimen yang lebih representatif dan fitur indeks pencarian untuk setiap aktivitas pencarian pengguna,” kata peneliti.

Google Trends sendiri merupakan salah satu fitur Google yang menyediakan indeks deret waktu dari volume permintaan pencarian atau masukan pertanyaan atau queri dalam pencarian Google di wilayah geografis tertentu.

Indeks queri didasarkan pada pembagian queri, yakni total volume queri untuk pencarian kata kunci di suatu wilayah dibagi dengan jumlah total queri di wilayah tersebut selama periode waktu tertentu. Angkanya 0-100.

Dengan kata lain, angka indeks tak menunjukkan jumlah pencarian secara langsung.

Tren di 2024

Pada masa Pilpres 2024, berdasarkan data Google Trends hingga 30 Januari menunjukkan keunggulan buat capres nomor urut 1 Anies Baswedan, beda dari mayoritas hasil lembaga survei.

Google Trends menunjukkan grafik pencarian mantan Gubernur DKI Jakarta ini unggul terhadap capres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dalam 30 hari terakhir maupun 90 hari terakhir.

Kesamaannya, ketiga capres ini mendapatkan puncak peningkatan pencarian usai debat capres kedua pada Minggu (7/1).

Pada debat tersebut, Anies konsisten ‘me-roasting’ Prabowo lewat penilaian rendahnya sebagai Menteri Pertahanan hingga soal luas lahan yang dikuasai mantan Danjen Kopassus itu.

Grafik perbandingan Google Trends 3 capres dalam periode 90 hari terakhir. (dok. Google Trends)

Anies, contohnya, dapat skor Google Trends 100 pada 8 Januari dan 98 pada 9 Januari. Prabowo mendapat nilai serupa, sementara Ganjar cuma mendapat puncak pencarian pada 7 Januari.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *