Kisah Abu Nawas: Bertemu Dengan Raja Kejam, Dapat Dua Ekor Gajah Sebagai Hadiah

Abu Nawas Bertemu Dengan Raja Kejam
ilustrasi: Raja
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Para penduduk desa pun sepakat dengan keputusan Abu Nawas. Sesampainya di sana ada ribuan pasukan yang sedang berkumpul dan terdapat ratusan tenda berdiri di tengah lapangan.

Abu Nawas sempat dicegah oleh salah satu prajurit, tapi akhirnya diperbolehkan menghadap panglima. Tanpa Abu Nawas sadari ternyata penduduk desa yang menemaninya memilih kabur meninggalkannya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Mereka takut dibunuh bila sampai usulannya membuat panglima menjadi marah dan murka. Lalu nahasnya lagi saat itu panglima sedang dalam suasana hati yang buruk.

“Mau apa datang kemari?” bentak panglima.

“Ini tentang gajah yang tuan berikan,” jawab Abu Nawas gemetaran.

“Memangnya kenapa? Apakah hadiahku tidak berguna?” tanya panglima.

Abu Nawas menjadi ketakutan. Ia lalu menengok ke belakang dan ternyata penduduk telah meninggalkan dirinya.

Dikarenakan merasa dibohongi, Abu Nawas pun menjadi jengkel. Ia lalu memikirkan jalan keluar sekaligus balas dendam kepada penduduk negerinya.

Kira-kira jawaban apa yang harus ia katakan supaya panglima tentara Raja Timur Lenk tidak marah? Akhirnya Abu Nawas pun menemukan ide cerdas.

“Begini tuan, hamba perhatikan gajah pemberian tuan terlihat sedih, mungkin karena tidak ada pasangannya, apakah tuan punya gajah betina untuk dijadikan pasangannya?” ucap Abu Nawas.

“Oh itu. Baiklah sekarang juga akan aku kirim gajah betinanya,” jawab panglima.

Abu Nawas kemudian undur diri pamit pulang. Dia pun pulang dengan senang karena mendapat hadiah lagi seekor gajah. Kini dia menjadi punya dua gajah.

Allahu a’lam.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *