Kultum 367: Salah Paham tentang Islam di Barat (2)

Salah Paham tentang Islam di Barat
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Selain itu, mungkin ini “kesalahpahaman yang paling salah”, adalah ada anggapan bahwa “Islam pada dasarnya adalah kekerasan”. Padahal, sebaliknya, dan pada intinya, Islam adalah agama damai. Misi kekerasan dan bunuh diri secara kategoris tidak merupakan misi Islam, dan bahkan sering terbukti pelakunya juga dari agama selain Islam.

Faktanya, Al-Qur’an menyebut jalannya sebagai “jalan damai”, sebagaimana firman Allah Subhanahau wata’al,

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

يَّهۡدِىۡ بِهِ اللّٰهُ مَنِ اتَّبَعَ رِضۡوَانَهٗ سُبُلَ

السَّلٰمِ وَيُخۡرِجُهُمۡ مِّنَ الظُّلُمٰتِ اِلَى النُّوۡرِ

بِاِذۡنِهٖ وَيَهۡدِيۡهِمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ

Artinya:

Dengan Kitab itulah Allah memberi petunjuk kepada orang yang mengikuti keridhaan-Nya ke jalan damai (keselamatan), dan (dengan Kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang itu dari gelap gulita kepada cahaya dengan izin-Nya, dan menunjukkan ke jalan yang lurus (QS. Al-Maidah, ayat 16).

Di dalam Islam, dinyatakan bahwa Tuhan tidak menyukai gangguan perdamaian, dan Tuhan tidak menyukai penyerang. Dalam hal ini Allah Subhanahu wata’ala telah berfirman,

وَقَاتِلُوْا فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ الَّذِيْنَ يُقَاتِلُوْنَكُمْ

وَلَا تَعْتَدُوْا ۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِيْنَ

Artinya:

Dan perangilah di jalan Allah orang-orang yang memerangi kamu, tetapi jangan melampaui batas. Sungguh, Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas (QS. Al-Baqarah, ayat 190).

Ayat tersebut dengan jelas menunjukkkan bahwa Islam tidak menukai peperangan, dan perng pun akan dilakukan hanya jika diperangi. Dengan kata lain, Islam bukan inisiator dalam perang. Jadi, adalah sungguh salah besar jika ada anggapan bahwa Islam itu “agama kekerasan dan menyukai kekerasan”.

Tidak sedikit juga telah disebar berbagai fatwa dan pernyataan sikap yangmerupakan “keputusan agama” yang secara langsung menentang terorisme dan bom bunuh diri. Berbagai fatwa dan pernyataan tersebut disertai penjelasan bahwa bahwa pelaku terorisme dan bom bunuh diri adalah tidak adil, jahat, dan tidak memiliki tempat dalam Islam.

Allahu ya’lam.

Semoga sedikit yang kita baca ini menjadi pengingat kita untuk bersyukur karena dijadikan Allah hamba yang berIslam dan beriman, dan kalau sekiranya bisa memberi manfaat bagi yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad Idris Adh.                                    —ooOoo—

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *