Kisah Abu Nawas: Bikin Heboh Penduduk Negeri karena Bisa Menghitung Jumlah Bulu Keledai

Menghitung Jumlah Bulu Keledai
ilustrasi: Menghitung Jumlah Bulu Keledai
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – ABU Nawas bertemu dengan tiga orang cerdas namun sombong. Mereka sangat cerdas, namun sayangnya mereka begitu sombong sehingga suka memanggil-manggil orang yang ditemuinya di jalan.

Saat itu, tiga orang sombong memasuki desa Abu Nawas. Warga berusaha menghentikan ketiganya namun tidak tahu harus berbuat apa hingga akhirnya memberi tahu Abu Nawas karena yakin bisa mengalahkannya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Jadi Abu nawas menyetujuinya. Ia suka membandingkan kecerdasannya dengan ketiga orang yang bisa pintar ini. Kemudian mereka berkompetisi di sebuah arena untuk disaksikan publik.

Satu dari tiga orang cerdik tersebut bertanya kepada Abu Nawas, “Di mana sebenarnya pusat bumi ini, wahai Abu Nawas yang bodoh?”

Disebut bodoh, Abu Nawas ternyata tidak marah, justru membalasnya dengan senyum. Lalu ia menjawabnya dengan nada santai, “Tentu itu mudah. Pusat bumi ada di bawah kakiku.”

Namun ketiga orang sombong itu tidak terima dengan jawaban dari Abu Nawas. Mereka bertanya kembali bagaimana Abu Nawas bisa tahu.

“Kalau kalian tidak percaya, ukur saja sendiri,” ujar Abu Nawas seperti dikutip dari kanal YouTube Ansor Umar.

Orang pertama yang bertanya kepada Abu Nawas hanya terdiam setelah mendengar jawabannya. Selanjutnya orang kedua bertanya, “Berapakah jumlah bintang yang ada di langit?” tanyanya.

Ternyata pertanyaan itu hampir sama dengan yang pertama, dan sudah dipastikan Abu Nawas bisa menjawabnya dengan mudah.

Abu Nawas menjawab, “Jumlah bintang-bintang yang ada di langit sama dengan jumlah bulu keledaiku ini. Kalau tidak percaya, silakan Anda hitung bulu keledaiku ini. Pasti Anda akan tahu kebenarannya.”

Kesal mendengar jawaban Abu Nawas, orang ketiga dari kawanan itu lalu mengajukan pertanyaan kepada Abu Nawas. “Anda tahu bulu keledai. Coba berapa jumlah bulu yang ada di keledai itu?” tanya orang ketiga tersebut.

Abu Nawas hanya tertawa meledek. Ia menganggap pertanyaan dari ketiga orang ini tidak kreatif karena semua pertanyaannya sama yakni menanyakan jumlah.

“Jumlah bulu ekor keledai ini sama dengan jumlah rambut yang ada di jenggot Anda. Kalau tidak percaya, silakan cabut satu per satu,” ucap Abu Nawas.

Sadar jika bulu jenggot dicabut satu per satu akan sakit, maka orang ketiga itu langsung terdiam dengan jawaban dari Abu Nawas. Ingin membalasnya, tapi tidak tahu apa yang harus ditanyakan lagi karena ternyata Abu Nawas lebih cerdik dari dirinya.

Wallahu a’lam.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *