Kultum 385: Makan Sahur Lalu Salat Subuh, Jangan Tergesa

Makan Sahur Lalu Salat Subuh
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Dari beberapa uraian di atas, bisa kita simpulkan bahwa tidak ada jeda antara sahur dan adzan Subuh yang di Indonesia dikenal dengan sebutan Imsak. Jeda Imsak ini biasanya berlangsung sekitar 10 menit sebelum adzan Subuh dikumandangkan. Ada pula yang mengatakan bahwa jika telah tiba waktu imsak, makruh hukumnya makan dan minum.

Pernyataan ini jelas tidak berdasar. Bukankah waktu 10 menit sebelum fajar (Subuh) masih termasuk waktu-waktu utama untuk mengakhirkan makan sahur. Berbagai riwayat yang ada justru menunjukkan bahwa Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam mengakhirkan makan sahur, dan barulah beranjak pergi ke masjid, maka tidak lama kemudian salat pun ditegakkan (dikumandangkan iqamah).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Begitu juga kebiasaan sebagian salaf yang mengakhirkan makan sahur. Bahkan kadang ketika telah selesai makan sahur dan tiba di masjid, adzan atau iqamat telah dikumandangkan. Para shahabat dari kalangan ulama Syafi’iyyah juga telah sepakat tentang disunnahkannya mengadakan jarak waktu antara adzan dan iqamah seukuran masa bagi berkumpulnya orang-orang yang hendak berjama’ah salat. Diriwayatkan,

عَنْ أَنَسٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى

اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ الدُّعَاءَ لَا يُرَدُّ

بَيْنَ الْأَذَانِ وَالْإِقَامَةِ، فَادْعُوا

Artinya:

Dari Anas, ia berkata, telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, sungguh doa yang diucapkan antara adzan dan iqamat tidak akan ditolak, maka berdoalah (HR. Ahmad no. 155 dan no. 254). Wallahu a’lam.

Semoga sedikit yang kita baca ini menjadi pengingat bagi kita semua, dan kalau sekiranya bisa bermanfaat bagi yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad Idris Adh.                                    —ooOoo—

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar