Kultum 398: Dahsyatnya Pahala dan Manfaat Berpuasa

Pahala dan Manfaat Berpuasa
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Abu Sa’id Al-Khudry mengatakan bahwa ini adalah lafadz Muslim. Sementara itu, sabda Rasulullah “70 musim” dalam Fathul Bari (6/48) dijeaskan sebagai “70 tahun”. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam juga telah bersabda, بِهَا الْعَبْدْ مِنَ النَّارِ الصِّيَامُ جُنَّةٌ يَسْتَجِنُّ  Artinya: Puasa adalah perisai, seorang hamba berperisai dengannya dari api neraka (HR. Ahmad).

Selain itu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam juga pernah bersabda,

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

مَنْ صَامَ يَوْمًا فِيْ سَبِيْلِ اللَّهِ جَعَلَ

اللَّهُ بَيْنَهُ وَبَيْنَ النَّارِ خَنْدَقًا

كَمَا بَيْنَ السَّمَاءِ وَالْأرْض

Artinya:

Barangsiapa yang berpuasa sehari di jalan Allah maka di antara dia dan neraka ada parit yang luasnya seperti antara langit dengan bumi (HR. Tirmidzi no. 1624; At-Thabrani no. 8/260, 274,  280).

Sebagian ahlul ilmi memahami bahwa hadits-hadits tersebut merupakan penjelasan tentang keutamaan puasa ketika jihad dan berperang di jalan Allah. Namun secara lahiriah hadits ini mencakup semua puasa jika dilakukan dengan ikhlas karena mengharapkan wajah Allah Subhanahu wata’ala. Jadi apa yang dijelaskan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam di atas juga termasuk puasa di jalan Allah.

Lebih dari itu, puasa juga bisa membuat seorang hamba masuk surga, bahkan mengantarkan sampai jauh ke bagian tengah surga. Dalam satu riwayat dari Abu Umamah Radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, aku berkata kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam, “Wahai Rasulullah, tunjukkan padaku suatu amalan yang bisa memasukkanku ke surga. Beliau menjawab,  عليكَ بالصَّومِ؛ فإنَّه لا مِثْلَ له (artinya) Atasmu puasa, tidak ada (amalan) yang semisal dengan itu” (HR. Nasa’i dan Ibnu Hibban).

Sudah begitu, di dalam berbagai riwayat yang lain dijelaskan bahwa pahala orang yang berpuasa itu tidak terbatas. Bahkan Allah Subahanahu wata’ala berjanji bahwa Allah sendiri yang akan mebalas puasa itu. Itupun masih ditambah lagi, masuknya surga bagi orang yang berpuasa itu melalui pintu khusus bernama royyan. Dan masih banyak lagi riwayat yang menunjukkan dahsyatnya pahala dan manfaat berpuasa. Wallahu a’lam.

Semoga sedikit yang kita baca ini menjadi pengingat dan penyemangat bagi kita semua, dan kalau sekiranya bisa bermanfaat bagi yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad Idris Adh.                                    —ooOoo—

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *