Umat ​​Islam Harus Tahu! Ini 4 Amalan Utama Lailatul Qadar, 10 Hari Terakhir Bulan Ramadan

Amalan Utama malam Lailatul Qadar
Lailatul Qadar
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idMalam lailatul Qadar di bulan Ramadan merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan dan penuh kemuliaan bagi umat Islam.

Inilah malam yang jatuh pada 10 terakhir Ramadan. Pada malam Lailatul Qadar ini, umat Islam dihimbau untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan memperbanyak amal shaleh.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Selain itu, malam Lailatul Qadar juga merupakan malam turunnya malaikat Allah ke bumi.

Namun tidak ada yang mengetahui secara pasti kapan malam Lailatul Qadar akan tiba. Oleh karena itu, dianjurkan bagi umat Islam untuk memperbanyak ibadah dan beramal shaleh selama sepuluh hari terakhir Ramadan.

Lantas, apa saja amalan terpenting yang dilakukan umat Islam di malam Lailatul Qadar?

Dikutip dari akun Instagram @qoriapparel, berikut ini 4 amalan utama yang bisa dilakukan oleh umat Islam di malam lailatul qadar.

  1. Memperpanjang Salat malam

Amalan utama yang bisa dilakukan oleh umat Islam di malam lailatul qadar yang pertama yaitu dengan memperpanjang Salat malam.

Umat Islam bisa melakukan Salat malam di malam lailatul qadar yaitu Salat isya, Salat qiyamul lail dan juga Salat subuh.

Hal ini sebagaimana penuturan oleh Aisyah RA, yang artinya:

Rasulullah SAW biasa ketika memasuki 10 Ramadan terakhir, beliau kencangkan ikat pinggang (bersungguh-sungguh dalam ibadah, menghidupkan malam-malam tersebut dengan ibadah, dan membangunkan istri-istrinya untuk beribadah.” (HR. Bukhari Muslim)

  1. Melakukan I’tikaf

Amalan utama yang bisa dilakukan oleh umat Islam di malam lailatul qadar yang kedua yaitu dengan melakukan i’tikaf.

I’tikaf merupakan sebuah kegiatan yang menetap atau berdiam diri di dalam masjid disertai dengan melakukan puasa dan niat dalam rangka beribadah kepada Allah SWT.

Ibadah I’tikaf ini dianjurkan setiap waktu, namun lebih ditekankan ketika memasuki 10 malam terakhir pada bulan Ramadan.

Hal ini sebagaimana penuturan oleh Abdullah bin Umar RA.

“Rasulullah SAW beri’tikaf pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadan.” (HR. Mutafaq alaih)

  1. Membaca Al- Quran

Amalan utama yang bisa dilakukan oleh umat Islam di bulan Ramadan yang selanjutnya yaitu dengan membaca Al-Quran.

Al-Quran merupakan kitab suci umat Islam sebagai petunjuk hidup. Maka dari itu, bulan Ramadan menjadi momen terbaik untuk menghidupkan kembali Al-Quran.

Dengan meningkatkan intensitas membaca Al-Quran, maka kita akan memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan lailatul qadar.

Karena saat membaca Al-Quran saat hari-hari biasa saja malaikat pasti akan menemai kita, apalagi jika dibaca pada saat malam lailatul qadar.

  1. Memperbanyak dzikir, istighfar atau bertaubat

Salah satu amalan utama yang bisa dilakukan oleh umat Islam di malam lailatul qadar yaitu dengan memperbanyak dzikir, istighfar dan juga bertaubat.

Dalam bermuhasabah dan memohon ampunan Allah, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak dzikir dan istighfar secara sungguh-sungguh.

Karena orang-orang yang berdzikir adalah orang yang paling mulia dan dibanggakan oleh Allah SWT di hadapan para malaikat.

Demikian informasi mengenai amalan utama yang bisa dilakukan di malam lailatul qadar. Semoga bermanfaat.***

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar