Ini 3 Sunnah Yang Dilakukan Rasulullah SAW Sebelum Salat Idul Fitri

Sunnah Rasulullah SAW Sebelum Salat Idul Fitri
Salat Idul Fitri
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idIdul Fitri sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Islam. Hari ini adalah hari kemenangan setelah sebulan berpuasa.

Pada hari raya Idul Fitri, seluruh umat Islam merayakannya bersama keluarga. Ada banyak hal yang bisa dilakukan di hari raya Idul Fitri. Hal terpenting dalam Idul Fitri adalah salat.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Apa saja sunnah sebelum salat Idul Fitri? Inilah Sunnah yang dianjurkan sebelum Salat Idul Fitri.

3 Sunnah Rasulullah SAW Sebelum Salat Idul Fitri

  1. Perbanyak Baca Takbir

Rasulullah saw mengumandangkan takbir sepanjang malam pada akhir Ramadan hingga pagi hari. Hal ini telah difirmankan oleh Allah SWT dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 185:

وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللهَ

Artinya:

“Dan sempurnakanlah bilangan Ramadhan, dan bertakbirlah kalian kepada Allah”. (QS. Al-Baqarah: 185).

Jenis takbir yang dapat dilakukan pada malam Idul Fitri ada dua, yakni muqayyad (dibatasi) dan mursal (dibebaskan). Takbir muqayyad adalah takbir yang yang dilakukan ketika selesai salat. Sedangkan takbir mursal merupakan takbir yang tak terbatas dan dapat dilakukan di setiap kondisi.

  1. Berhias dan Memakai Pakaian Terbaik

Dalam menyambut Idul Fitri dianjurkan untuk berhias dan memakai penampilan terbaik sebagai bentuk merayakan hari kemenangan. Seluruh umat Muslim yang merayakan Idul Fitri disunnahkan untuk menggunakan pakaian terbaik dan berhias khususnya bagi para wanita.

“Rasulullah SAW menyuruh kami agar memakai pakaian terbaik dan wewangian terbaik yang kamu miliki pada dua hari raya.” (HR. Al-Hakim).

Meskipun disunnahkan untuk menggunakan pakaian yang terbaik, namun tetap tidak lepas dari batas-batas syariat Islam seperti tidak memperlihatkan aurat.

  1. Makan Sebelum Salat Idul Fitri

Pada Hari Raya Idul Fitri, umat Muslim diharamkan untuk melakukan puasa. Oleh karena itu, sebelum berangkat Salat Idul Fitri disunnahkan untuk makan terlebih dahulu.

Rasulullah SAW memakan kurma sebelum melakukan Salat Idul Fitri. Hal ini tertera dalam Hadits Riwayat Bukhari “Pada waktu Idul Fitri Rasulullah saw. tidak berangkat ke tempat Salat sebelum memakan beberapa buah kurma dengan jumlah yang ganjil.”

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar