Ribuan Tentara Muslim Siap Bergabung Dengan Hizbullah Melawan Israel

Tentara Muslim Siap Bergabung Dengan Hizbullah Melawan Israel
militan Islam Iran
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Pejabat itu, bersama seorang lainnya dari Irak, mengatakan beberapa penasihat dari Irak sudah berada di Lebanon.

Seorang pejabat kelompok Lebanon yang didukung Iran, yang juga menolak disebutkan namanya, mengatakan para pejuang dari Pasukan Mobilisasi Populer Irak, Fatimiyoun dari Afghanistan, Zeinabiyoun dari Pakistan, dan kelompok pemberontak di Yaman yang didukung Iran yang dikenal sebagai Houthi bisa datang ke Lebanon untuk mengambil bagian dalam perang.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Qassim Qassir, pakar Hizbullah, sependapat bahwa pertempuran saat ini sebagian besar didasarkan pada teknologi tinggi seperti penembakan rudal dan tidak memerlukan sejumlah besar pesawat tempur.

Namun jika perang terjadi dan berlangsung dalam jangka waktu lama, Hizbullah mungkin memerlukan dukungan dari luar Lebanon, katanya.

“Mengisyaratkan hal ini bisa jadi (pesan) bahwa ini adalah kartu-kartu yang bisa digunakan,” ujarnya.

Israel juga menyadari kemungkinan masuknya pejuang asing.

Eran Etzion, mantan kepala perencanaan kebijakan Kementerian Luar Negeri Israel, mengatakan pada diskusi panel yang diselenggarakan oleh Institut Timur Tengah yang berbasis di Washington pada hari Kamis bahwa ia melihat “kemungkinan besar” terjadinya “perang multi-front.”

Dia mengatakan mungkin ada intervensi oleh milisi Houthi dan Irak serta “aliran besar jihadis dari (tempat) termasuk Afghanistan, Pakistan” ke Lebanon dan ke wilayah Suriah yang berbatasan dengan Israel.

Daniel Hagari, juru bicara militer Israel, mengatakan dalam pernyataan yang disiarkan televisi pekan lalu bahwa sejak Hizbullah memulai serangannya terhadap Israel pada 8 Oktober, mereka telah menembakkan lebih dari 5.000 roket, rudal anti-tank, dan drone ke arah Israel.

“Agresi Hizbullah yang semakin meningkat membawa kita ke ambang eskalasi yang lebih luas, yang dapat menimbulkan konsekuensi yang menghancurkan bagi Lebanon dan seluruh kawasan,” kata Hagari.

“Israel akan terus berperang melawan poros kejahatan Iran di semua lini.”

Para pejabat Hizbullah mengatakan mereka tidak menginginkan perang habis-habisan dengan Israel namun jika hal itu terjadi mereka siap.

“Kami telah mengambil keputusan bahwa setiap ekspansi, betapapun terbatasnya, akan dihadapkan pada ekspansi yang menghalangi langkah tersebut dan menimbulkan kerugian besar bagi Israel,” kata wakil pemimpin Hizbullah, Naim Kassem, dalam pidatonya pekan lalu.

Koordinator khusus PBB untuk Lebanon, Jeanine Hennis-Plasschaert, dan komandan pasukan penjaga perdamaian PBB yang dikerahkan di sepanjang perbatasan selatan Lebanon, Letjen Aroldo Lázaro, mengatakan dalam pernyataan bersama bahwa “bahaya kesalahan perhitungan yang mengarah pada bencana yang tiba-tiba dan lebih luas. konflik itu sangat nyata.”

Konflik skala besar terakhir antara Israel dan Hizbullah terjadi pada musim panas 2006, ketika keduanya terlibat perang selama 34 hari yang menewaskan sekitar 1.200 orang di Lebanon dan 140 orang di Israel.

Sejak bentrokan terakhir dimulai, lebih dari 400 orang telah tewas di Lebanon, sebagian besar dari mereka adalah pejuang, namun termasuk 70 warga sipil dan non-kombatan.

Di pihak Israel, 16 tentara dan 11 warga sipil tewas. Puluhan ribu orang mengungsi di kedua sisi perbatasan.

Qassir, sang analis, mengatakan bahwa jika pejuang asing bergabung, hal itu akan membantu mereka yang pernah berperang bersama di Suriah di masa lalu.

“Ada bahasa militer yang sama antara kekuatan poros perlawanan dan ini sangat penting dalam pertempuran bersama,” katanya.(*)

Sumber: tribun

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar