Kultum 486: Saran Langkah Menahan Godaan

Saran Langkah Menahan Godaan
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Laki-laki itu bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah ini hanya untukku?” Dia bersabda, “Ini untuk seluruh umatku” (HR. Al-Bukhaari, no. 495). Dengan sedikit perbedaan redaksi, riwayat ini adalah dari riwayat al-Tirmidzi, Ahmad, Muslim dan Ibnu Majah, dalam urutan seperti itu. Maka perbanyaklah ibadah dan amal saleh, agar Allah Subhanahu wata’ala menerima pertobatanmu.

Sementara untuk selanjutnya, Anda tidak dipebolehkan sama sekali pergi untuk mengunjungi tempat-tempat di mana ada campuran bebas yangmembuat Anda bertemu gadis. Anda katakan Anda tidak bisa mengontrol diri, jadi mengapa Anda kunjungi tempat-tempat itu di mana Anda secara formal berbual-bual dengan gadis, lalu mengatakan Anda tidak bisa menahan diri?

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Apa yang Anda katakan adalah sepenuhnya tak bisa diterima. Jika Anda menghindari tempat-tempat dan hal-hal yang menuju syetan, dan Anda tidak mengekspose diri Anda pada hal demikian, Anda akan melindungi diri dari jatuh ke dalam dosa. Takutlah kepada Allah, karena Allah selalu mengawasi Anda untuk melihat bagaimana dan apa yang akan Anda lakukan.

Hati-hatilah dan jangan kunjungi tempat-tempat yang akan memawa Anda ke dalam hal-hal haram. Ingatlah bahwa semakin Anda terlibat dalam kegiatan-kegiatan haram, akan semakin sulit untuk kembali, jadi ikatlah diri Anda. Tetaplah berteman dengan merak yang benar, dan menjauhlah dari hal-hal berdosa dan dari orang-orang pelaku dosa.

Lakukan semua kegiatan yang membantu Anda untuk tetap jauh dari dosa, misalnya menyegerakan menikah dan menundukkan pandangan Anda. Saya berdoa kepada Allah Subhanahu wata’ala agar melindungi Anda dari berbagai godaan wanita. Semoga Allah Subhanahu wata’ala karuniai Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam, dan semoga jawaban kami membantu. Allahu ya’lam. (disarikan dari: sumber Syekh Muhammad Salih Al-Munajjid).

Semoga yang kita baca ini menjadi pengingat menambah iman kita, dan kalau sekiranya bisa memberi manfaat bagi yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad Idris Adh.                             —ooOoo—

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *