Mukjizat Rasulullah SAW pada Unta Tua Milik Jabir RA

Unta Tua Milik Jabir RA
Unta Tua Milik Jabir RA

Hajinews.co.id – Nabi Muhammad SAW dikelilingi oleh para sahabat, salah satunya Jabir bin Abdullah. Ia merupakan sosok yang dekat dengan Rasulullah SAW.

Ada kisah menarik mengenai Nabi Muhammad SAW dan unta milik Jabir RA. Menukil dari buku Biografi Rasulullah SAW yang ditulis DR Mahdi Rizqullah Ahmad diceritakan bahwa Jabir RA memiliki unta yang sudah tua.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Walau demikian, unta tua itu adalah satu-satunya hewan yang dimiliki Jabir RA untuk ditunggangi. Ia tidak dapat mengganti untanya dengan yang lebih muda karena faktor ekonomi.

Kala itu, ayah Jabir RA baru saja gugur sebagai syahid dan meninggalkan beberapa orang anak. Saudara-saudara Jabir RA itu menjadi tanggungannya karena beliau merupakan anak sulung.

Laju unta Jabir RA sangat lamban hingga tertinggal jauh dari pasukan muslim. Waktu itu mereka sedang dalam perjalanan pulang selepas perang Dzati Riqa.

Disebutkan bahwa unta milik Jabir RA sedang sakit dan selalu tertinggal dari rombongan. Bahkan, unta tua tersebut hampir tidak bisa berjalan, seperti tertulis dalam buku Kisah-kisah Islam yang Menggetarkan Hati karya Hasan Zakaria Fulaifal.

Melihat hal, itu Rasulullah SAW lantas menghampiri Jabir RA sambil menanyakan apa yang terjadi. Dia berkata bahwa untanya terlalu lambat hingga sulit menyusul pasukan lainnya.

“Derumkanlah untamu!” kata Nabi SAW kepada Jabir RA.

Sang rasul lalu meminta tongkat yang ada di tangan Jabir RA. Setelahnya, ia mencucuk lambung unta tua itu berkali-kali sampai akhirnya hewan tersebut berdiri.

Selanjutnya, Nabi SAW meminta Jabir RA untuk kembali menunggangi unta tuanya. Atas kuasa Allah SWT, unta tua itu tiba-tiba mampu melaju dengan cepat seperti unta sehat dan muda.

Saking cepatnya, laju unta tersebut mampu menyalip rombongan unta lain yang sebelumnya berada di depan. Sampai-sampai, jika Jabir RA tidak mengendalikan untanya maka unta sang rasul akan tersalip juga.

Mengutip dari buku Kisah-kisah Inspiratif Sahabat Nabi susunan Muhammad Nasrulloh, setelah unta Jabir RA dan Nabi SAW sejajar keduanya saling berbincang. Dalam pembicaraan itu, Rasulullah SAW menawar untuk membeli unta Jabir RA.

Setelah sepakat, Jabir RA menjual untanya kepada Nabi Muhammad SAW. Sesampainya di rumah, ia membawa unta itu ke kediaman sang rasul.

Mendapati seekor unta di rumahnya, Rasulullah SAW lantas bertanya: “Unta siapa ini?”

“Unta Jabir RA wahai Rasulullah SAW,” kata sahabat lainnya.

Mendengar hal itu, Nabi SAW memanggil Jabir RA dan memintanya untuk membawa untanya kembali. Selanjutnya, Jabir RA pulang membawa untanya lagi.

Tiba-tiba Rasulullah SAW memerintahkan Bilal untuk memberi satu kantong dirham kepada Jabir RA. Hal tersebut membuat Jabir RA terkejut, karena ia mendapat uang dalam jumlah lebih banyak dari hasil kesepakatan tentang jual beli unta.

Wallahu ‘alam.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *