Hikmah Malam: Dalil Menyisihkan Harta

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id,- Salah satu amalan yang sangat ditekankan dalam Islam adalah menyisihkan harta seperti bersedekah.

Di dalam Surah Al-Hajj ayat 34-35 tertulis secara jelas tentang perintah langsung dari Allah kepada manusia untuk menyisihkan harta;

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

وَلِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَى مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الأنْعَامِ فَإِلَهُكُمْ إِلَهٌ وَاحِدٌ فَلَهُ أَسْلِمُوا وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِينَ (34) الَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ اللَّهُ وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ وَالصَّابِرِينَ عَلَى مَا أَصَابَهُمْ وَالْمُقِيمِي الصَّلاةِ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ (35)

Artinya: “Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah), (yaitu) orang-orang yang apabila disebut nama Allah, gemetarlah hati mereka, orang-orang yang sabar terhadap apa yang menimpa mereka, orang-orang yang mendirikan salat, dan orang-orang yang menafkahkan sebagian dari apa yang telah Kami rezekikan kepada mereka.”

Selain itu keutaman bersedekah juga tertuang dalam Surah Al Baqarah ayat 3 yang berbunyi:

الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيمُونَ الصَّلَاةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ

Allażīna yu`minụna bil-gaibi wa yuqīmụnaṣ-ṣalāta wa mimmā razaqnāhum yunfiqụn

Artinya: “(yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan salat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka”.

Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama, Fuad Nasar menuturkan, memberikan sedekah tidak pernah ada batas minimal dan maksimalnya, serta bisa diberikan kepada siapa saja yang dikehendaki.

“Bersedekah boleh untuk kerabat dekat, selain untuk menolong orang miskin dan buat kesejahteraan umum,” terang Fuad (Okezone).

Lebih lanjut kata Fuad, dengan mengamalkan sedekah akan turut membangun kesadaran umat tentang kesalehan sosial, dan spiritual yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. (Okz).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *