Hikmah Malam: Naudzubillah! 10 Golongan Ini Tidak Diterima Salatnya

Golongan Ini Tidak Diterima Salatnya
Salat


banner 800x800

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idSalat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib ditunaikan oleh umat Islam. Ibadah ini merupakan salah satu sarana komunikasi bagi hamba Allah.

Menurut Sayyid Sabiq dalam kitab “Fiqh Sunnah”, salat dalam Islam tidak bisa dibandingkan dengan bentuk ibadah lainnya. Salat menempati kedudukan yang tinggi sebagai tiang agama. Penerapan aturan agama hanya dipertahankan melalui Salat.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Tak heran jika menunaikan salat dengan baik demi keridhaan Allah Ta’ala perlu dilakukan. Namun ada 10 kelompok orang yang Salatnya tidak diterima. Setiap umat Islam wajib menghindari kelompok ini.

10 Golongan Manusia yang Tidak Diterima Salatnya

Dalam kitab Nashaihul ‘Ibad Syarh Al Munabbihaat ‘Alal Isti’daad Li Yaumil Ma’aad oleh Muhammad Nawawi bin ‘Uma Al Jawi, terdapat 10 golongan orang-orang yang Salatnya tidak diterima:

عشرة نفر لن يقبل الله تعالى صلاتهم

Artinya, “Sepuluh orang yang shalatnya tidak diterima Allah SWT.”

Rasulullah SAW menyebut satu per satu golongan orang yang Salatnya tidak diterima Allah SWT. Mereka adalah:

  • Orang yang shalat sendirian tanpa membaca (Al-Fatihah)
  • Orang yang tidak mau mengeluarkan zakat
  • Orang yang mengimami shalat suatu kaum, sementara kaum itu benci
  • Budak yang melarikan diri dari tuannya
  • Peminum arak (khamr)
  • Istri yang bermalam, sementara suaminya tidak ridha kepadanya
  • Wanita merdeka yang Salat tanpa memakai kerudung
  • Pemakan riba
  • Pemimpin yang zalim

Orang yang biasa melakukan Salat, namun tidak mampu mencegah dirinya dari kekejian dan kemungkaran. Sehingga, dia justru semakin bertambah jauh dari Allah SWT.

Dalam sebuah riwayat lainnya, sebuah hadits menyebutkan tiga kelompok orang yang tidak diterima Salatnya. Rasulullah SAW bersabda:

ثَلَاثَةٌ لَا تَرْتَفِعُ صَلَاتُهُمْ فَوْقَ رُءُوسِهِمْ شِبْرًا رَجُلٌ أَمَّ قَوْمًا وَهُمْ لَهُ كَارِهُونَ وَامْرَأَةٌ بَاتَتْ وَزَوْجُهَا عَلَيْهَا سَاخِطٌ وَأَخَوَانِ مُتَصَارِمَانِ

Artinya: “Terdapat tiga kelompok yang Salatnya tidak terangkat meskipun hanya sejengkal dari atas kepalanya (tidak diterima oleh Allah SWT). Ketiga golongan tersebut pertama, orang yang mengimami sebuah kamu akan tetapi kaum itu membencinya. Kedua, istri yang tidur sementara suaminya sedang marah kepadanya. Ketiga, dua saudara yang saling mendiamkan (memutuskan hubungan).” (HR Ibnu Majah).

Salat Adalah Amalan yang Pertama Kali Dihisab

Selain tiang agama, Salat adalah ibadah yang pertama kali diperhitungkan di hari kiamat. Mengutip laman UIN Sunan Gunung Djati, Salat juga merupakan ibadah yang waktunya dibatasi karena ada awal dan akhir.

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – ، قَالَ : قاَلَ رَسُولُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – : (( إنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ العَبْدُ يَوْمَ القِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلاَتُهُ ، فَإنْ صَلُحَتْ ، فَقَدْ أفْلَحَ وأَنْجَحَ ، وَإنْ فَسَدَتْ ، فَقَدْ خَابَ وَخَسِرَ ، فَإِنِ انْتَقَصَ مِنْ فَرِيضَتِهِ شَيْءٌ ، قَالَ الرَّبُ – عَزَّ وَجَلَّ – : اُنْظُرُوا هَلْ لِعَبْدِي مِنْ تَطَوُّعٍ ، فَيُكَمَّلُ مِنْهَا مَا انْتَقَصَ مِنَ الفَرِيضَةِ ؟ ثُمَّ تَكُونُ سَائِرُ أعْمَالِهِ عَلَى هَذَا

Artinya: Abu Hurairah RA berkata: Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab pada seorang hamba pada hari kiamat adalah shalatnya. Maka jika Salatnya baik, sungguh ia telah beruntung dan berhasil. Dan jika Salatnya rusak, sungguh ia telah gagal dan rugi. Jika berkurang sedikit dari Salat wajibnya, maka Allah Ta’ala berfirman, ‘Lihatlah apakah hamba-Ku memiliki shalat sunnah.’ Maka disempurnakanlah apa yang kurang dari Salat wajibnya. Kemudian begitu pula dengan seluruh amalnya.” (HR Tirmidzi).

Tanda-tanda Orang yang Salatnya Diterima Allah SWT

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *