Hikmah Pagi: Berikut 10 Manfaat Membaca Yasin Setiap Malam Secara Rutin

Membaca Yasin Setiap Malam
Membaca Yasin Setiap Malam


banner 800x800

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idKeistimewaan membaca Surat Yasin secara terus menerus setiap malam hendaknya diketahui setiap umat Islam agar dapat diamalkan guna meraih berbagai manfaat yang dijanjikan. Surat Yasin sendiri merupakan salah satu surat yang sering dibaca umat Islam Indonesia.

Namun alangkah baiknya jika Al-Qur’an surah ke 36 ini dibaca tidak hanya seminggu sekali, melainkan rutin setiap malam. Karena banyak keutamaan dalam Surat Yasin yang bisa diraih umat Islam.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

10 Manfaat Membaca Yasin Setiap Malam

1. Diampuni Dosanya Keesokan Harinya

Ustaz Abdul Somad (UAS) menjelaskan, amalan membaca Surat Yasin pada setiap malam maka pada pagi harinya dosanya diampuni. Amalan ini ada dalilnya yakni hadits Nabi SAW sebagai berikut.

قعَنِ الْحَسَنِ قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا هُرَيْرَةَ يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: “مَنْ قَرَأَ يس فِي لَيْلَةٍ أَصْبَحَ مَغْفُورًا لَهُ. وَمَنْ قَرَأَ: “حم” الَّتِي فِيهَا الدُّخَانُ أَصْبَحَ مَغْفُورًا لَهُ”

Artinya: Dari Al-Hasan yang mengatakan bahwa ia pernah mendengar Abu Hurairah r.a. Berkata bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: Barangsiapa yang membaca surat Yasin di malam hari, pada keesokan harinya ia diampuni. Dan barangsiapa yang membaca Ha Mim yang di dalamnya disebutkan Dukhan (surat Ad-Dukhan), pada pagi harinya diampuni”. Sanad hadis ini jayyid (baik).

2. Diberikan kebahagiaan

وَعن يحيى بن كثير قال : “بَلَغَنَا أَنهُ مَنْ قَرَأَ يس حيْنَ يُصْبحُ لَمْ يَزَلْ فيْ فَرَح حتَى يُمْسيَ وَمَنْ قَرَأَهَا حيْنَ يُمْسي لَمْ يَزَلْ في فَرَح حَتَى يُصْبحَ

Artinya: Diriwayatkan dari Yahya Ibn Katsir dia berkata “Telah sampai padaku sebuah sabda Rasul bahwa sesungguhnya barang siapa yang membaca surat Yasin pada waktu pagi, maka ia senantiasa memperoleh kegembiraan sampai sore, dan jika ia membacanya di sore hari maka ia senantiasa dapat gembira sampai pagi.

3. Keinginan akan Dikabulkan

من قرأ سورة يس والصافات ليلة الجمعة أعطاه الله سؤله

Artinya: “Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud dari al-Habr)

4. Dimudahkan Urusan

Ustadz Abdul Somad menjelaskan, dalam tafsir Ibnu Katsir disebutkan setiap ada perkara yang sulit, setiap ada musibah dan malapetaka dibacakan Surat Yasin maka Allah memudahkan perkara itu. Ibnu Katsir dalam tafsirnya juga menjelaskan:

وَلِهَذَا قَالَ بَعْضُ الْعُلَمَاءِ: مِنْ خَصَائِصِ هَذِهِ السُّورَةِ: أَنَّهَا لَا تُقْرَأُ عِنْدَ أَمْرٍ عَسِيرٍ إِلَّا يَسَّرَهُ اللَّهُ. وَكَأَنَّ قِرَاءَتَهَا عِنْدَ الْمَيِّتِ لِتُنْزِلَ الرَّحْمَةَ وَالْبَرَكَةَ، وَلِيَسْهُلَ عَلَيْهِ خُرُوجُ الرُّوحِ، وَاللَّهُ أَعْلَمُ

Sebagian ulama berkata: “Di antara keistimewaan surat ini (surat Yasin), sesungguhnya tidaklah surat Yasin dibacakan pada suatu perkara suit, melainkan Allah Swt memudahkannya. Seakan-akan dibacakannya surat Yasin di sisi mayat agar turun rahmat dan berkah dan memudahkan baginya keluarnya ruh.

5. Dapat Pahala 10 kali Membaca Alquran

Surat Yasin yang dibaca secara rutin setiap hari manfaatnya akan mendapat pahala 10 kali seperti membaca Al Quran. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut:

عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ أَنَسٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: “إِنَّ لِكُلِّ شَيْءٍ قَلْبًا، وَقَلْبُ الْقُرْآنِ يس. ومَنْ قَرَأَ يس كَتَبَ اللَّهُ لَهُ بِقِرَاءَتِهَا قِرَاءَةَ الْقُرْآنِ عَشْرَ مَرَّاتٍ

Dari Qatadah, dari Anas ra yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: Sesungguhnya segala sesuatu itu mempunyai kalbu (inti) dan kalbu Al Quran adalah surat Yasin. Dan barang siapa membaca surat Yasin, maka Allah mencatat baginya karena bacaan surat Yasin itu pahala membaca Al Quran 10 kali.

6. Mendatangkan Syafaat

Surat Yasin yang dibaca secara rutin manfaatnya akan mendatangkan syafaat baik di dunia maupun di akhirat.
Hal ini disebutkan hadits dalam Tafsir Ruhul Al Bayan seperti dilansir dari nunganjuk:

وفي الحديث : “

إنَّ فِي الْقُرْآنِ لَسُوْرةٌ تَشْفَعُ لِقَارِئِها وَيَغْفِرُ لِسَامِعِهَا تُدْعَى فِي التوراةِ الْمُعِمَّةَ”

Artinya: Dalam Hadits disebutkan “sesungguhnya di dalam Al Quran terdapat suatu surat yang dapat memberi syafaat bagi pembacanya, memberi ampunan bagi yang mendengarnya.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *