Bamsoet: Yang Mampu Harus Bantu yang Membutuhkan

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. (Foto: Tribun)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



JAKARTA, hajinews.id – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta semua pihak mengedepankan nilai Pancasila yaitu kegotongroyongan dalam mengatasi musibah pandemi virus corona atau COVID-19 sehingga bagi masyarakat yang memiliki kemampuan finansial bisa membantu warga yang membutuhkan.

“Kalau kita mengacu pada filosofi Pancasila maka yang harus dikedepankan saat ini adalah kegotongroyongan. Solidaritas antar-sesama anak bangsa dengan menjaga jarak merupakan sikap solidaritas dan kegotongroyongan dan melindungi diri,” kata Bamsoet di Jakarta, Selasa (17/3/2020).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Bamsoet menilai saat ini sudah saatnya bagi para pengusaha ataupun konglomerat untuk peduli dan menyisihkan sedikit keuntungan usahanya untuk membeli antiseptik yang diberikan kepada masyarakat tidak mampu.

Dia menegaskan bahwa kalau ingin berbakti kepada bangsa Indonesia maka sisihkan sebagian keuntungan perusahaan-perusahaan yang selama ini mengambil keuntungan dari tanah bumi pertiwi untuk rakyat kebanyakan.

“Bagi yang mampu bisa membantu mereka yang kurang beruntung misalnya mendistribusikan dan memberikan antiseptik, masker dan vitamin. Mari kita terapkan nilai-nilai Pancasila dalam menghadapi musibah ini dengan semangat kebersamaan dan kegotongroyongan,” jelasnya.

Selain itu Bamsoet menilai langkah pemerintah yang membuat kebijakan agar masyarakat bekerja dari rumah (WFH) merupakan bentuk pencegahan dan antisipasi agar masyarakat tidak terjangkit COVID-19.

Pemerintah, menurut dia, tidak ingin seperti China dan Korea Selatan yang benar-benar melarang warganya keluar rumah. “Di Indonesia dengan kesadaran warga sendiri harus menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga dengan menjaga jarak,” ujar Bamsoet. (rah/Ant)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *