Jika Jadi Berangkat Haji, Ingat Lima Hal Berikut Ini

Suasana Masjidil Haram (dok)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



HAJINEWS.ID- Ibadah Haji tahun 2020 kemungkinan jadi dilaksanakan meski ada beberapa pembatasan karena situasi wabah Covid-19 belum tuntas benar. Pemerintah Kerajaan Arab Saudi bahkan sudah menyiapkan lorong disinfektan khusus yang harus dilewati setiap jamaah agar terbebas dari virus.

Dalam beberapa hari kedepan, kemungkinan Arab Saudi sudah mengumumkan pelaksanaan Ibadah Haji tahun ini. Informasi dari Kemenang diharapkan pada 12 Mei 2020 kabar itu datang.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Lorong disinfektan (dok)

Sambil menunggu kabar tersebut, jika haji itu jadi dilaksanakan, beberapa hal berikut ini kiranya perlu jadi perhatian:

Yang pertama, siapkan barang-barang yang akan Anda bawa dan Anda butuhkan selama Anda masih menjalankan Ibadah Haji. Barang yang sangat wajib Anda bawa yaitu pakaian ihram, alat dan perlengkapan untuk mandi, barang yang penting lainnya. Barang yang dibawa oleh Anda tidak diperkenankan melebihi batasan maksimum (32kg).

Ikuti semua ketentuan yang dimiliki oleh maskapai penerbangan. Ketentuan maskapai penerbangan ini demi keselamatan Anda, bukan untuk mempersulit Anda selama dalam penerbangan.

Yang kedua, (bawa alat salat, anduk kecil, jaket/selimut kecil, barang lain yang dibutuhkan selama berada di dalam pesawat). Jangan membawa barang-barang yang sulit di dalam pesawat, karena akan menyusahkan Anda di dalam pesawat.

Perjalanan menuju ke Arab Saudi melalui pesawat terbang cukup hanya dalam jangka waktu 8-9 jam tiba di sana.

Yang ketiga yaitu, Anda harus menyiapkan dokumen-dokumen penting seperti paspor, boarding pass, dokumen penting simpan di tas kecil yang dikalungkan di leher saja. Supaya mempermudah Anda ketika akan dilakukan pemeriksaan.

Yang keempat, harus mengetahui hal apa saja yang diperkenankan dan tidak diperkenankan di pesawat. Di dalam pesawat, Anda tidak diperkenankan untuk membawa alat komunikasi. Dan diharuskan untuk melepaskan baterai alat komunikasi.

Jika Anda tidak melepaskan baterai alat komunikasi, maka akan terjadinya gangguan sinyal radar pesawat. Dalam membawa cairan saja, tidak diperbolehkan lebih dari 100 ml cairan. Tidak diperkenankan juga untuk membawa senjata tajam.

Yang kelima, pakailah gelang identitas Anda dan ikutilah semua saran petugas pelayaran Haji. Dengan tersebut dilakukan oleh petugas pelayaran Haji demi keselamatan jamaah Haji serta untuk mengenali Jamaah Haji jika terjadi sesuatu hal yang tidak diharapkan. Jaga dan pakai dengan baik-baik gelang tersebut jangan sampai anda lupa atau jangan sampai Anda menghilangkan gelangnya. (fur/dbs).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *