Mengintip Wisuda Online SMPN 21 Surabaya

Ilustrasi : Wisuda Online
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Mengintip Wisuda Online SMPN 21 Surabaya

Oleh: Joko Intarto

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Pecah telur itu terjadi di Kota Pahlawan. Untuk kali pertama, Jagaters akan mengelola wisuda online SMP Negeri 21 Surabaya dari jarak jauh: Studio Tebet, Jakarta Selatan.

Civitas academica SMP Negeri 21 Surabaya akhirnya bisa mewujudkan rencananya untuk mewisuda lulusannya. Memang tidak seperti biasanya. Tahun ini wisuda dilakukan secara virtual menggunakan aplikasi web seminar.

Ada 90-an siswa yang akan diwisuda pada tahun ini. Mereka berasal dari beberapa kelas paralel. Mereka akan mengikuti prosesi wisuda dari rumah masing-masing, bersama kedua orang tuanya.

Di ruang wisuda di sekolah, Kepala Sekolah akan menandai pelepasan para wisudawan dengan melepas badge OSIS dari baju seragam para siswa. Di rumah siswa, kedua orang tuanya yang mewakili kepala sekolah untuk melepas badge itu dari seragam anaknya.

Perkenalan para guru SMP Negeri 21 Surabaya dengan Jagaters ternyata unik. Adalah Mas Ian Misdiantoro yang mereferensikan Jagaters kepada guru-guru tersebut. Mas Ian Misdiantoro adalah senior saya di Jawa Pos. Sekarang ia menjadi pegiat filantropi, sebagai eksekutif di Rumah Yatim Mandiri, Surabaya.

Rupanya Mas Ian Misdiantoro masih rajin mengikuti aktivitas saya yang selalu saya unggap melalui Facebook. Khususnya kegiatan saya sebagai penyedia jasa webinar. Dari situlah ia mereferensikan Jagaters ketika salah satu guru SMP Negeri 21 ingin mencari vendor siaran langsung untuk wisuda kali ini.

Awalnya pihak sekolah akan menyiarkan langsung acara wisuda itu melalui paltform Youtube. Saat berkonsultasi, saya memberi saran agar menggunakan platform video conference, khususnya webinar. Tujuannya: agar para siswa bisa berinteraksi dengan sesama siswa yang diwisuda dan dengan para guru.

Setelah melalui beberapa pertimbangan, semalam pihak sekolah menghubungi saya melalui telepon. Intinya, semua guru sepakat menggunakan Jagaters sebagai penyedia sistem webinar untuk wisuda.

Malam tadi saya dan tim teknik langsung rapat membahas rundown acara yang sudah disusun panitia. Pembahasan ini penting karena wisudanya di Surabaya sementara operator webinarnya di Jakarta. Di situlah uniknya, sekaligus sulitnya.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *