Ilmu Yang Bermanfaat

Foto : Unsplash
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



ILMU YANG BERMANFAAT

Untuk menjadi umat yang terbaik, Islam menganjurkan umatnya untuk menuntut ilmu sepanjang hayat dikandung badan. Ini menunjukkan betapa pentingnya ilmu bagi kehidupan. Untuk memperoleh kebaikan dunia dengan ilmu, untuk beroleh kebaikan akhirat dengan ilmu.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Salah satu cara untuk menolong manusia dalam perjalanannya menuju ALLAH adalah ilmu dan hanya dalam semacam inilah ilmu dipandang bernilai. ALLAH SWT berfirman :

QS. Az -Zumar (9)
“Katakanlah, adakah sama antara orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui? Sesungguh nya orang-orang berakallah yang dapat menerima pelajaran.”

Ilmu dikatakan bermanfaat mempunyai ciri-ciri :
Ciri pertama semakin berilmu kita semakin mengenal sifat-sifat, firman-firman, dan ciptaan-ciptaan ALLAH.

Sebagai contoh ciri pertama, ketika kita telah mengetahui bahwa ALLAH Maha Mengetahui maka pengetahuan kita akan hal ini membuat kita mawas diri agar tidak terjatuh dalam lembah maksiat. Kita yakin bahwa ALLAH mengetahui segala apa yang kita lakukan.

Ciri kedua dari ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang mengantarkan kita untuk patuh terhadap segala peraturan ALLAH, meliputi kewajiban dan larangan-Nya. Semakin kaya ilmu yang kita miliki semakin kaya pula kita dalam berusaha mengerjakan semua hal yang diperintahkan dan menjauhi segala hal yang dilarang.

Ciri ketiga adalah ilmu yang membuat kita tidak bergantung pada dunia dan dekat dengan akhirat. Bukan sebaliknya, ilmu yang membuat kita ingat dunia tapi lupa alam akhirat. Berilmu tapi lalai dalam menabung kebaikan bekal kehidupan selanjutnya adalah kebalikan dari ciri ketiga ini.

Ciri keempat adalah ilmu yang membuat kita semakin sadar terhadap kekurangan diri sendiri. Semakin kita berilmu, semakin kita sibuk mencari kekurangan diri sendiri dan tidak menggubris aib dan kekurangan pada diri orang lain.

Singkatnya, orang yang berilmu bukan yang pandai berdebat, berceramah, mengeritik setiap orang, tapi ilmu yang membuat kita semakin takut kepada ALLAH.

Semoga kita selalu menuntut ilmu yang bermanfaat yang berguna bagi kehidupan di dunia dan teritama kehidupan di akhirat.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *