Islam Masuk Nusantara Sejak Zaman Khulafaurrasyidin

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jakarta, Hajinews.id,- Sejarah Islam masuk Nusantara banyak teorinya, dan yang terbaru adalah sejak zaman Khulafaurrasyidin, beberapa tahun setelah Rasul Muhammad Wafat. Jadi bukan pada abad 11 atau 16, melainkan abad 7M.

Bukti tersebut tercatat pada Makam Syekh Mahmud (Wafat tahun 44 Hijriyah or 668 Masehi) di pemakaman Papan Tinggi , Kec Barus dan Makam Syekh Rukunuddin (Wafat tahun 48 Hijriyah or 672 Masehi) di Pemakaman Mahligai, Barus , Kab. Tapanuli Tengah

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sebagai pembanding Salah satu Khulafa’ Arrosyidin IMAM ALI (Menantu Rosulullah SAW) wafat tahun 40 Hijriyah or 664 Masehi (hanya beda 4 tahun dg wafatnya Syekh Mahmud)

Sehingga dua Syekh tersebut hidup di Zaman Imam Ali or Umar bin Khatab, bahkan Syekh Rukunuddin (usia 102 thn) lahir hampir bersamaan waktunya dg kelahiran Nabi Muhammad saw

Fakta ini sesuai dengan teori Mekkah yang dikemukakan oleh HAMKA dalam catatan sejarawan Mansur Suryanegara.

Dikatakan bahwa Teori Mekkah adalah merupakan teori yang muncul sebagai sanggahan terhadap teori Gujarat (yang menyebut penyebar Islam dati Gujarat). Pendukung teori Mekkah ini adalah HAMKA, Van Leur, dan T.W. Arnold.

Teori Mekkah berpendapat bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-7 dan penyebarannya berasal dari Arab (Mesir).

Dasar teori ini adalah pada abad ke-7, yakni tahun 647 di Pantai Barat Sumatra sudah terdapat perkembangan Islam (Arab). Kerajaan Samudra Pasai menganut aliran mazhab syafi’i padahal pengaruh mazhab syafi’I terbesar pada waktu itu adalah Mesir dan Mekkah. Raja Samudra Pasai menggunakan gelar ‘’al-Malik’’ yang mempunyai kesamaan dengan gelar yang dipakai di Mesir.

Proses awal masuknya penyebaran Islam ke Indonesia diperkirakan melalui saluran atau sarana sebagai berikut:
Perdagangan : agama Islam datang ke Indonesia dibawa oleh para pedagang dari Gujarat, India. Di sela-sela waktu menunggu arah angin pelayaran, para pedagang muslim itu berdakwah Agama Islam kepada masyarakat pesisir Indonesia.
Pernikahan: wanita pribumi yang akan menikah dengan para pedagang muslim harus memluk Agama Islam terlebih dahulu.
Dakwah: agama Islam masuk ke Indonesia selain dibawa oleh para pedagang muslim, ternyata ada juga yang memang secara sengaja disebarkan oleh para ulama atau mubalig. Wali Sanga adalah contoh Ulama yang sengaja menjadi penyebar Agama Islam terutama di Pulau Jawa. (Fur/dbs).
banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar