Indahnya Makna Dibalik Ucapan Barakallah Fii Umrik

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Ucapan barakallah fii umrik sering kali kita dengar saat ada yang sedang berulang tahun. Apa ya sebenarnya arti di balik ucapan tersebut?

Barakallah fii umrik banyak dipahami hanya sebagai pengganti happy birthday atau selamat ulang tahun. Namun, sebenarnya ucapan barakallah fii umrik, punya makna yang jauh lebih dalam.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Untuk membahas lebih dalam mengenai arti barakallah fii umrik, maka berikut ini hajinews.id telah melansir dari Dream mengenai arti barakallah fii umrik beserta berbagai hal lain yang berhubungan dengan ucapan tersebut, Rabu (30/9/2020).

Sebagai umat Islam, sudah sepantasnya untuk selalu memanfaatkan umur dan waktu yang diberikan oleh Allah SWT dengan sebaik mungkin. Selain agar mendapat manfaat bagi diri sendiri, perlu halnya untuk memanfaatkan sebaik mungkin umur dan waktu dengan tujuan memberi manfaat bagi sesama mahluk hidup di dunia.

Tidak banyak manusia yang memiliki kesempatan berumur panjang. Itulah mengapa mendapatkan kesempatan untuk bangun dari tidur dan masih memiliki kesempatan hidup di dunia merupakan anugerah yang tidak terhingga. Bahkan akan lebih bermakna lagi jika bisa memanfaatkan umur untuk berbuat kebaikan bagi orang lain.

Begitu juga dengan maksud dari diucapkannya barakallah fii umrik kepada saudara sesama muslim yang sedang bertambah usia. Sebenarnya arti barakallah fii umrik tidak hanya sebagai kalimat pengganti happy birthday atau selamat ulang tahun, namun merupakan sebuah doa yang sangat baik agar dengan bertambahnya usia maka bertambah juga keberkahan.

Bahkan, dengan mengucapkan barakallah fii umrik kepada sesama muslim, maka secara tidak langsung juga telah mendoakan agar mereka selalu diberi limpahan rahmat dan berkah oleh Allah SWT, terutama di dunia yang hanya sementara ini.

Sebenarnya, selain ucapan barakallah fii umrik, ada berbagai ucapan doa lainnya yang juga menjadi alternatif doa agar diberikan umur panjang dan penuh berkah, seperti berikut ini:

Allohumma innaa nas-aluka thuulal ‘umuri bith thaa’ati wakhtimlanaa bil a’maalis shaalihati.

Artinya: “Wahai Tuhanku, kami memohon kepada Engkau umur Panjang dengan selalu digunakan untuk taat dan akhirilah umur kami dengan melakukan perbuatan yang baik.”

Selain doa di atas, juga terdapat doa lain yang bisa diungkapkan sebagai doa agar orang lain mendapat keberkahan umur. Berikut ini doa lengkap serta artinya:

Allohumma thowwil umuurona, wa shohhih ajsaadanaa, wa nawwir quluubanaa, wa tsabbit imaananaa, wa ahsin a’maalanaa, wa wassi’ arzaaqonaa, wa ilal khoiri qorribnaa wa ‘anissyarri ‘abdinaa, waqdi hawa-ijanaa fid diini wa dunya wal aakhiroh, innaka ‘ala kulli syai-in qodir.

Artinya: “Ya Allah! Penjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasad kami, terangilah hati kami, tetapkanlah iman kami, baikkanlah amalan kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kebulkanlah segala kebutuhan kami dalam agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuat. (Diolah dari berbagai sumber)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *