Swab Test di Puskesmas Bayar! Laporkan Pada Satgas Penanganan Covid-19

Ilustrasi alat swab test. Foto: Dok Pixabay
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jakarta, Hajinews.id – Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo memastikan swab test di Puskesmas bagi masyarakat gratis. Jika ada rumah sakit yang ‘nakal’ masyarakat diminta melaporkan kepada Satgas Penanganan Covid-19.

“Informasikan kepada kami, kalau ada Puskesmas yang memungut biaya test swab. Biar kami carikan solusinya,” ujarnya dalam keterangannya, pekan lalu.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Lanjut Doni, bahwa pemerintah pusat telah memberikan reagen ke berbagai daerah untuk melakukan uji sampel spesimen virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19. Sehingga, pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan dan Puskesmas dapat memberikan pelayanan dan penanganan Covid-19 gratis berbasis data.

Layanan gratis tersebut, tegas Doni, karena pemerintah tidak ingin masyarakat terbebani untuk melakukan pemeriksaan spesimen, sehingga solusi terbaik akan selalu diupayakan dalam rangka memutus rantai penularan Covid-19.

“Beban kepada masyarakat tidak boleh terlalu berat, apalagi untuk melakukan pemeriksaan spesimen. Sejauh ini, mereka yang kontak erat dilakukan tracing itu seharusnya gratis. Tidak boleh ada pungutan sebesar apapun. Seharusnya gratis,” tukasnya.(mh)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *