Biden Jadi Presiden, Ekonom Nilai Ekspor RI ke AS Bakal Meningkat

Ilustrasi ekspor Indonesia ke AS. Foto: Dok Pixabay
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jakarta, Hajinews.id – Kemenangan Joe Biden dalam Pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS) dinilai lembaga kajian ekonomi Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) dapat meningkatkan kinerja ekspor Indonesia.

“Ketika era Trump, impor kita ke AS lebih besar dibandingkan ekspor. Kondisinya berbeda ketika era Obama, ekspor kita lebih besar dari impor. Ini mungkin akan menjadi salah satu peluang kita untuk meningkatkan ekspor produk-produk non-migas Indonesia ke AS,” ujar Ekonom INDF, Andry Satrio Nugroho, baru-baru ini.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Selama lima tahun ke depan, kata Adry, ekspor Indonesia akan meningkat kepada AS. Selain itu, investasi asing langsung (AS) di beberapa negara, termasuk rencana investasi di Indonesia menyusul adanya perpindahan investasi dari Cina ke sejumlah negara berkembang.

“Era supply chain dari hina akan menurun, itu membuka peluang bagi kita, ini harus kita tangkap,” ucapnya.

Smentara itu, Ekonom Universitas Indonesia Fithra Faisal Hastiadi menilai, Indonesia mungkin harus memulai dari awal pembahasan kesepakatan perdagangan yang telah disepakati di bawah Presiden Donald Trump.

Menurut Fithra, komitmen kesepakatan dagang Indonesia dengan AS di bawah Presiden Donald Trump sudah jauh lebih dalam. Hal itu juga dibuktikan dengan diperpanjangnya fasilitas Generalized System of Preferences (GSP) oleh AS hingga rencana negosiasi kesepakatan dagang terbatas (LTD).

“Biden akan melihat Indonesia penting dan saya rasa ini masalah negosiasi saja,” tukasnya. (mh)

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *