Waspada! Masker Kain Juga Bisa Kadaluarsa, Ini Tanda-Tandanya

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Dimasa panademi Covid-19 seperti sekarang ini serangkaian kebiasaan baru dan protokol kesehatan harus dilakukan demi mencegah persebaran covid-19. Salah satu protokol kesehatan yang wajib dilakukan dan dipatuhi adalah mengenakan masker setiap ingin berpergian.

Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito mengimbau masyarakat menggunakan masker kain yang terbuat dari kain minimal tiga lapis.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Masker ini dapat terbuat dari kain, minimal tiga lapis, yang dapat digunakan oleh masyarakat, dan apabila mulai basah bisa diganti,” ujarnya dalam konferensi pers yang disiarkan di kanal YouTube BNPB Indonesia, Sabtu (4/4/2020).

Hingga akhirnya banyak konveksi yang mulai memproduksi masker kain secara besar-besaran. Namun tahukah Anda bahwa masker kain ternyata memiliki kadar kadaluarsa atau batas pemakaian tertentu. Pasalnya kain yang terlalu aus justru malah akan merugikan penggunanya dan tak mampu melindungi dari paparan virus covid-19.

Berikut adalah ciri-ciri masker kain Anda telah usang dan diharuskan mengunakkan masker kain yang baru.

  1. – Apabila kita harus terus menyentuh dan menyesuaikan masker untuk menutupi sepenuhnya.
  2. – Periksa ikatan dan simpul elastis pada masker. Jika pita mengendur atau lepas berulang kali, itu bisa menjadi tanda lain bahwa masker tidak lagi pas untuk digunakan.
  3. – Lebih lanjut, bisa juga menjadi pertanda kain sudah mulai terkikis.
  4. – Jika kain tampak keropos atau ringan dan tipis setelah dicuci berulang kali.
  5. – Jika kita melihat adanya lubang atau sobekan pada masker, ini adalah salah satu kesalahan paling mengkhawatirkan yang bisa berdampak buruk.

Oleh karena itu, sebisa mungkin kita selalu mengganti, membersihkan, dan membuang masker lama jika sudah tidak layak dipakai. Jika kita menggunakan masker sekali pakai, segera buang setelah menggunakannya. Dengan cara di atas, maka potensi kita terpapar virus akan semakin kecil.

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar