Bank Dunia Ramal Ekonomi RI Makin Suram: Resesi, -2,2%

Kantor Pusat Bank Dunia (World Bank). Foto: Reuters
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jakarta, hajinews.idBank Dunia merevisi pertumbuhan ekonomi RI. Di mana pertumbuhan PBD riil RI akan berada di -2,2% di 2020.

Dalam laporan Indonesia Economic Prospects Desember 2020: Toward a Secure and Fast Recovery, Bank Dunia mengindikasikan bahwa RI akan menyelesaikan tahun ini dalam resesi. “Pertama kali dalam dua dekade,” tulis laporan itu dikutip Jumat (18/12/2020).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Proyeksi ini merupakan yang terbaru dari sebelumnya di September -1,6%. Meski menyebut ekonomi sudah mulai pulih dari kontraksi signifikan di kuartal II sebesar -5,3%, pemulihan tak merata di semua sektor.

Sektor-sektor dengan intensitas kontak yang tinggi seperti pekerjaan yang sulit dilakukan dengan jarak jauh dan yang mengandalkan interaksi langsung dengan pelanggan- transportasi, perhotelan, pedagang grosir dan ritel, konstruksi, manufaktur- mengalami dampak yang sangat keras. Bank Dunia menyebut baru sebagian saja pulih.

Respon kebijakan moneter terhadap krisis, dinilai Bank Dunia sudah kuat, namun memiliki risiko ke uang an makro yang perlu dikelola

“Ini mencerminkan pemulihan yang yang lebih lemah daripada perkiraan pada kuartal III dan sebagian kuartal IV dan pembatasan mobilitas dan jarak sosial (social distancing) yang masih akan terus ada di tengah meningkatnya kasus-kasus Covid-19,” tulis laporan itu lagi.

Meski begitu, di 2021, Bank Dunia memprediksi ekonomi positif 4,4%. Di 2020, ekonomi juga akan tumbuh 4,8%.

“Kinerja pertumbuhan jangka menengah Indonesia amat bergantung pada penanggulangan potensi dampak negatif krisis terhadap investasi, produktivitas dan modal manusia. Ini membutuhkan perbaikan efektivitas respons krisis dan reformasi struktural untuk mengangkat potensi pertumbuhan.”

 

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *