Hikmah Malam : Keutamaan Asmaul Husna

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id -Asmaul Husna merupakan nama-nama Allah yang maha indah. Dalam ajaran agama kita dianjurkan menyebut asmaul husna, setidaknya ketika berdzikir atau ketika berdoa.

Istilah asmaul husna dalam Alquran disebut beberapa kali. Istilah asmaul husna yang disebut dalam Surat Al A’raf ayat 180. Allah berfirman:
“Hanya milik Allah asmaul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.”

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Asmaul husna juga memiliki banyak keutamaan yang luar biasa. Berikut ini keutamaan asmaul husna, diantaranya.

1. Doa dengan Asmaul Husna Akan dikabulkan Allah SWT
Berdoa dengan menyebut dan mengagungkan nama Allah, baik secara keseluruhan atau disesuaikan dengan konteks doanya akan membawa keutamaan dikabulkan doanya. Allah SWT juga telah memerintahkan kita berdoa dengan menyebut namaNya.

Allah berfirman,
“Hanya milik Allah asmaul husna, maka bermohonlah kepadaNya dengan menyebut asmaul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-namaNya. Nanti mereka akan mendapatkan balasaan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. Al-A’raf: 180)

2. Masuk Surga
Keutamaan asmaul husna yang luar biasa adalah siapa yang hafal 99 asmaul husna dan meruninginya, ia akan masuk surge. Sebagaimana sabda Nabi shallallahu ‘alihi wasallam,
“Sesungguhnya Allah memiliki 99 nama, seratus kurang satu. Siapa yang menghafalnya ia akan masuk surge.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Syaikh Wahbah Az Zuhaili menerngkan, pengertian dari ahshoohaa adalah menghitung, menghafal, dan merenungi maknanya.

Mengamalkan asmaul husna sebagai amalan yang paling berharga. Mengagungkan nama Allah merupakan sebagai bentuk kecintaan kita kepada Pemilik Semesta ini. Mengamalkan Asmaul Husna juga memberikan kebaikan bagi hati kita akan memiliki kesempurnaan takut kepada Allah Ta’ala dan akan selalu menunaikan kewajibannya sebagai hamba atau ciptaan-Nya.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *