Pedasnya Harga Cabai Rawit Di Pontianak, Rp 75 Ribu Perkilo gram

Pedasnya Harga Cabai Rawit Di Pontianak Rp 75 Ribu Perkilo gram
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews – Banyak faktor yang memicu harga cabai rawit di Pontianak mencapai Rp 75 ribu per satu kilogramnya, bahkan ada yang hampir mencapai Rp100 ribu. Pandemi Covid 19 dan anomali cuaca sangat berpengaruh atas lonjakan harga tersebut.

“Harga cabai sekarang sudah tinggi sekali naik signifikan di atas 50 persen dari saat normal. Bahkan di tingkat eceran harga cabai di atas Rp 100 ribu per kg. Tentu kenaikan harga menjadi beban kita yang membutuhkan cabai,” ujar warga Pontianak, Bandi di Pontianak, Kamis (7/1).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dari pantauan harga di beberapa pasar di Kota Pontianak, untuk harga cabai rawit terutama yang dipasok dari lokal di pekan pertama 2020 ini tertinggi di Kota Pontianak. Di Pasar Dahlia dan Puring harganya mencapai Rp 100 ribu per kilogram.

Sedangkan harga terendah untuk cabai rawit lokal di Pasar Flamboyan Rp 91 ribu per kg. Untuk harga cabai rawit antara pulau di pasar terbesar di Kalbar tersebut yakni Rp 75 ribu per kg.

Untuk cabai harga cabai keriting sendiri saat ini rata-rata di harga Rp 60 ribu per kg dan untuk cabai keriting besar Rp 62 ribu per kg.

Dilansir dari laman Republika.co.id (7/1/2021) Sebelumnya, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPW BI) Kalbar mencatat inflasi di Kalbar pada Desember 2020 sendiri sebesar 0,41 persen. Komoditas cabai memiliki andil terbesar ketiga setelah angkutan udara dan telur yakni sebesar 0,058 persen.

Kepala KPw BI Kalbar, Agus Chusaini menyebutkan ke depan risiko inflasi masih datang dari kondisi pandemi Covid-19 yang mempengaruhi berbagai aspek kehidupan termasuk soal ekonomi dan pangan di tengah masyarakat. “Selain faktor Covid-19, resiko bencana di sentra produksi bahan makanan dan anomali cuaca menjadi tantangan. Tentu resiko tersebut terus kita pantau dan antisipasi sehingga inflasi terkendali dengan melibatkan para pihak terkait,” jelasnya.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *