Pertumbuhan Ekonomi Kuartal 1 2021 Diprediksi Indef Minus 1 Persen

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews – Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Tauhid Ahmad memperkirakan pertumbuhan ekonomi nasional pada triwulan I-2021 sekitar minus 1 persen. Ini tak lepas dari situasi penyebaran virus corona, perkembangan daya beli masyarakat dan inflasi yang di bawah 1,5 persen pada Januari 2021.

“Kami perkirakan tahun 2021 pada kuartal I ini minus 1 persen,” kata Tauhid dalam Konferensi Pers INDEF bertajuk: Covid-19 Meningkat, Ekonomi Melambat, Jakarta, Minggu (7/2).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Menurutnya, meski menunjukkan perbaikan, namun hal tersebut bergerak lambat. Sehingga, ekonomi nasional belum adanya perubahan signifikan yang terjadi di awal tahun ini.

Apalagi, penyaluran anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) masih belum optimal. Tak hanya itu, pemberlakuan kebijakan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) juga turut mempengaruhi pertumbuhan ekonomi nasional. “Apalagi kita masih akan melanjutkan kebijakan PPKM pada 9 Februari dengan skala mikro,” imbuhnya.

Tentunya, hal ini masih akan berdampak pada sektor perekonomian. Sehingga pertumbuhan ekonomi nasional di kuartal pertama tahun ini masih akan tetap tumbuh minus. “Jadi jangan berharap dengan situasi sekarang akan tumbuh positif. Kita perkirakan minus 1 persen, belum bisa positif,” tandasnya. (dbs).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *